Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mundur dari Jabatan Ketua DPR RI

Novanto Sebut Pengunduran Dirinya untuk Akhiri Kegaduhan
Oleh : Surya
Kamis | 17-12-2015 | 09:03 WIB
Setnov3_edit.jpg Honda-Batam
Ketua DPR Setya Novanto

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Setya Novanto baru saja menyatakan pengunduran dirinya sebagai Ketua DPR periode 2014-2019 kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), sebelum diberikan sanksi.

Dalam sidang pengambilan keputusan, diketahui 10 anggota MKD menyatakan Novanto bersalah dan melakukan pelanggaran sedang, sementara 7 anggota MKD menyatakan ketua DPR itu melakukan pelanggaran berat.

Namun, Novanto punya alasan tersendiri terkait pengunduran dirinya seperti ingin mengakhiri kegaduhan.

Novanto mengatakan kemunduran dirinya itu sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi perpolitikan dan sosial di masyarakat yang sebelumnya gaduh akibat kasus yang membelit dirinya.

"Selama saya mengemban tugas sebagai pimpinan dewan, tentu ada banyak dinamika yang terjadi, dinamika yang perlu disikapi dengan bijaksana," kata Novanto di Jakarta, Rabu (16/12/2015) malam.

Menurut Novanto, pengunduran dirinya sebagai ketua DPR adalah bentuk kecintaannya kepada kepentingan bangsa. 

"Amanah yang saya  emban selama ini , adalah sebuah tanggungjawab yang harus selalu bertolak dari hal tersebut. Atas dasar itulah, izinkan saya menyampaikan pengunduran diri dari posisi pimpinan dewan," katanya.

Novanto juga menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah dirugikan akibat ulahnya.

"Saya memohon maaf atas kekhilafan yang terjadi, serta teriring doa yang tulus untuk bangsa, semoga bangsa kita dapat menatap masa depan yang lebih baik," katanya.

Kendati demikian, politisi Golkar ini sempat mengapresiasi kinerja Mahkamah Kehormatan Dewan yang telah menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengusut pelanggaran etik atas dirinya itu.

"Ini tentu saya sudah melihat semuanya dengan situasi yang berkembang, yang kita ketahui dalam Mahkamah Kehormatan Dewan yang sudah menjalankan tugas tugasnya secara baik dan tentu saya sangat menghormati," tandasnya.

Editor : Surya