Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wakil Gubernur Maluku Buka Rakernas SIWO 2015 di Ambon
Oleh : saibansah dardani
Jum'at | 11-12-2015 | 19:50 WIB
P_20151211_164706.jpg Honda-Batam
Wagub Maluku Dr. Z Eth Sahuburua saat memukul tifa saat membuka secara resmi membuka Rakernas SIWO PWI 2015 di Ambon Maluku, 11 Desember 2015. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Ambon - Wakil Gubernur Maluku Dr. Z Eth Sahuburua membuka secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2015 digelar di Ambon Maluku, 11 Desember 2015. 


Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan tifa yang dilakukan Wagub Maluku didampingi Ketua DPRD Maluku serta Ketua SIWO Pusat, Raja Pane dan pengurus PWI Maluku. Kegiatan tersebut digelar di ruang pertemuan DPRD Ambon

Pada kesempatan itu, Wagub Maluku mengatakan, rasa terimakasihnya telah dipercayakan Maluku sebagai tuan rumah Rakernas SIWO tahun 2015. Kemudian, Sahuburua juga mengharapkan agar para wartawan olahraga di Indonesia dapat memberikan kritik dan masukan untuk perbaikan pembinaan dunia pendidikan. "SIWO harus bisa memberikan masukan-masukan bagi perbaikan pembinaan olahraga di Indonesia," tegas Wagub Sahuburua.

Sementara itu, Ketua Siwo Pusat, Raja Pane mengatakan, dengan adanya Rakernas yang digelar di Ambon ini diharapkan bisa menghasilkan suatu keputusan yang baik guna menghadapi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang digelar Bulan Juli 2016 di Bandung, Jawa Barat. ”Rakernas ini menentukan kegiatan Porwanas, ke depan serta persiapan PON di Jawa Barat tahun 2016 mendatang,” ujarnya.

Ditambahkan Raja Pane, pihaknya sudah mengadakan pembicaraan dengan Pimpinan KONI di Jakarta. Disepakati, bahwa penyelenggaraan Porwanas adalah ujicoba dari kesiapan tuan rumah PON. 

Ketua SIWO PWI Maluku Izaac Tulalessy dalam laporannya mengatakan, saat ini telah hadir semua pengurus SIWO dari seluruh Provinsi di Indonesia. Kecuali, Provinsi Kalimantan Barat, Surakarta dan Gorontalo. "Mereka sudah minta izin tidak bisa hadir dalam Rakernas ini, karena berbagai alasan," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua SIWO Provinsi Kepri, Freddy yang hadir pada Rakernas ini mengatakan, melalui momentum ini, pihaknya akan menyampaian gagasan global. Yaitu, ide penyelenggaraan tidak hanya Porwanas, tapi juga Pekan Olahraga Wartawan ASEAN. 

"Karena kita akan menghadapi MEA, Masyarakat Ekonomi ASEAN, jadi kita sudah harus berpikir global juga. Apalagi, kita hidup di perbatasan, jadi ide ini akan saya sampaikan besok dalam Rakernas SIWO," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM. 

Editor: Dodo