Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pendatang Harus Siapkan Kompetensi Diri dan Memonitor Lapangan Kerja
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 07-12-2015 | 15:40 WIB
Zarefriadi_Kepala_Disnaker_Kota_Batam.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Batam Zarefriadi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Batam sebagai salah satu kota dengan tingkat pertubuhan penduduk tercepat di dunia, itu terjadi karena banyaknya lapangan kerja serta berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Senin (07/12/2015).


Namun, bagipara pendatang harus mencermati sebelum mengadu nasip di Batam. Karena saat ini sudah banyak perusahan yang hengkak, imbasnya minimnya lapangan kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Batam Zarefriadi, mengatakan masyarakat yang mau datang ke Batam untuk mencari lapangan kerja harus memperhatikan dahulu kopetensi yang dimiliki dan melihat kesediaan lapangan kerja.

"Jadi jangan asal datang saja, tanpa membawa kopetensi yang baik dan diimbangi dengan kesediaan lapangan kerja di Batam. Kalau tidak membawa kopetensi yang baik tentu jumlah pengangguran di Batam selalu meningkat setiap tahunya," kata Zaref. 

Guna mendobrak anggka pengangkuran pihaknya selalu memberikan pelatihan kopetensi kepada para pekerja di perusahan melalui dana APBD dan APBN. "Itu salah satu tindakan pemerintah meningkatkan kopetensi pekerja," tuturnya.    

Saat disinggung berapa lapangan kerja pada 2016 mendatang, menurut Zarefriadi pihaknya belum berkordinasi dengan BP Kawasan selaku pengeluaran izin investor.

"Kalau 2016 saya belum tau, jumlah pencari kerja. Tapi 2015 sekitar 27 ribu pencari kerja. Sementara lapangan kerja datanya di kantor," ujarnya.        

Namun demikian, menurut Zarefriadi, setiap triulan kedua patokan dari pertumbuhan ekonomi mengalami kenaikan 4 persen itu terbuka banyak lapangan kerja.

"Satu persen kenaikan ekonomi itu ada 300-400 lapangan kerja secara Nasional. Untuk Batam saya kurang tau," pungkasnya

Editor: Dardani