Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Genjot Kunjungan Wisata

Menko Maritim Canangkan Gerakan Budaya Bersih dan Senyum
Oleh : Surya
Kamis | 26-11-2015 | 19:10 WIB
Rizal_Ramli.jpg Honda-Batam
Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mencanangkan Gerakan Budaya Bersih dan Senyum dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.

Menurut Rizal, kebersihan adalah salah satu hal penting dalam dunia pariwisata. Para wisatawan asing enggan datang ke negara yang jorok. 

Lingkungan yang bersih, tentu membuat para wisatawan lebih nyaman dan betah tinggal di Indonesia untuk berlibur.

"Dalam pariwisata juga ada faktor budaya, misalnya kebersihan. Jangan berharap wisatawan mau datang kalau toilet nggak bersih. Kita harus bikin wisatawan nyaman," ucap Rizal dalam konferensi pers di Kemenko Kemaritiman dan Sumber Daya, Jakarta, Kamis (26/11/2015).

Selain kebersihan, keramahan masyarakat juga akan membuat wisatawan lebih senang berkunjung.‎ "Kalau kita bicara wisata, kita harus banyak belajar senyum. Termasuk saya, saya juga kurang senyum," ujarnya. 

Rizal menyebut Singapura sebagai contoh. Dahulu masyarakat di negara itu tidak banyak tersenyum. Untuk menarik lebih banyak wisatawan, Perdana Menteri Singapura di era 1980-an Lee Kuan Yew, ketika itu mengajak masyarakatnya lebih banyak tersenyum supaya wisatawan lebih senang. Hasilnya, kini Singapura dibanjiri wisatawan asing.

"Puluhan tahun lalu rakyat Singapura juga nggak bisa senyum. Lee kuan Yew bikin program senyum. Sekarang orang Singapura sudah bisa senyum, kebanyakan malah," katanya.

Masyarakat Indonesia di beberapa wilayah, lanjutnya, harus diajak untuk lebih banyak tersenyum supaya pariwisatanya berkembang, misalnya di Danau Toba.

"Di Indonesia, di Jabar banyak yang bisa senyum. Tapi di Danau Toba, NTT, NTB nggak bisa senyum walaupun hatinya baik-baik. Harus diajarin senyum," katanya.

Rizal pun mengajak masyarakat Indonesia untuk menjaga kebersihan lingkungan supaya wisatawan asing semakin tertarik ke Indonesia.‎ 

"Masak orang mau liburan ketemu orang mukanya kaku semua? Balik lagi, angkat koper," kata Menko Maritim dan Sumber Daya ini.

Editor: Surya