Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penuh Vitamin dan Nutrisi

Sahur dengan Tempe Saja Kalau Mau Sehat!!
Oleh : Sumantri/Dodo
Sabtu | 30-07-2011 | 14:25 WIB
Tempe_panganan_bergizi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Tempe panganan bergizi yang kaya manfaat

BATAM, batamtoday - Menyambut bulan puasa 1432 Hijriyah, yang mungkin akan jatuh pada 01 Agustus 2011, sebaiknya sudah diisi dengan berbagai rencana pengaturan menu sehari-hari untuk asupan gizi bagi tubuh kita. Dokter Fanny dari Rumah Sakit Awal Bross Batam (RSAB) menyarakan agar pola makan yang dijalani oleh setiap individu di atur dan dijaga keseimbangan gizinya.

 

Dokter umum lulusan Universitas Airlangga ini menyarakankan agar setiap menu yang dihadirkan secara harian menyertakan padanan tempe, karena panganan ini terbukti kaya akan nutrisi penting bagi tubuh yang sejatinya diperlukan dalam proses puasa.

"Dalam padanan gizi ternyata tempe juga memiliki manfaat yang sama dengan yoghurt. Tempe mengandung asam fitat rendah, vitamin B12, protein siap cerna dan mengandung isivlavon," ungkap Fanny kepada batamtoday, Sabtu 30 Juli 2011.

Menurutnya zat-zat itu lah yang bisa menangkal penyakit di dalam tubuh. Tempe juga banyak sekali kandungan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mebantu proses regenerasi sel agar imun terhadap serangan dari luar, salah satunya adalah bakteri penyebab penyakit diare.

"Karena itu, tempe bermanfaat untuk mengatasi diare, menurunkan tekanan darah, mengandung superoksida desmutase sehingga baik bagi penderita jantung, menurunkan kadar kolesterol, anti kanker, dan mencegah osteoporosis," kata Fanny.

Selain tempe, banyak makanan menakjubkan ada di sekitar kita. Pada umumnya adalah makanan fermentasi peninggalan nenek moyang kita. Selain tempe, panganan yang kaya nutrisi adalah oncom dan tahu. maka dari itu, mengkonsumsi bahan-bahan tersebut, akan sangat membantu tubuh kita untuk mempertahankan ketahanan tubuh dari serangan luar.