Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

India Sensor Adegan Ciuman Bond di Spectre
Oleh : Redaksi
Jum'at | 20-11-2015 | 08:26 WIB
poster spectre di india by ap.jpg Honda-Batam
Poster Spectre di salah satu bioskop di India. (Foto: AP)

BATAMTODAY.COM, Mumbai - Lembaga sensor India menyensor adegan ciuman panjang dalam film James Bond terbaru, Spectre, dengan alasan tak cocok untuk penonton di negara itu.


Badan sertifikasi film yang berkantor di Mumbai (CBFC) memotong dua adegan dalam film yang mulai beredar di India hari Jumat 20 November.

Menurut mereka, keputusan itu memastikan bahwa film itu patuh pada ketentuan sertifikasi film untuk penonton usia 12 tahun yang menonton ditemani orang dewasa.

Pihak Sony Pictures Entertainment yang mengedarkan film itu memastikan bahwa pemotongan tersebut memang ada, sepanjang beberapa detik,

Termasuk adegan yang dipotong itu adalah adegan ciuman antara pemeran Bond, Daniel Craig dengan aktris Monica Belluci.
Keputusan lembaga sensor ini menimbulkan reaksi di media sosial, berupa ledekan-ledekan dengan tanda tagar #SanskariJamesBond.

Awal tahun ini CBFC juga melarang peredaran film Fifty Shades of Grey, sekalipun film yang sekiranya akan diedarkan di sana adalah versi yang berbeda dengan yang telah disesuaikan.

Berciuman di muka umum dianggap sesuatu yang tak pantas, terutama oleh masyarakat konservatif di India dan hal itu tak pernah digambarkan dalam film-film mereka. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani