Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Kawal Pembahasan UMK Batam 2016 di Kantor Gubernur Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 18-11-2015 | 15:25 WIB
fspmi-dompak.jpg Honda-Batam
Ratusan buruh dari Batam menggelar unjuk rasa di Kantor Gubernur Kepri, Dompak. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Kawal pembahasan Upah Minimum Kota (UMK) Batam 2016, ratusan buruh‎ dari FSPMI, KSPSI serta SBSI Kota Batam menggeruduk Kantor Gubernur Provinsi Kepri, di Dompak, Tanjungpinang, Rabu (18/11/2015). 


Ketua FSPMI Batam, Suprapto mengatakan, kedatangan mereka dalam aksi demo ini adalah untuk mengawal dan memperjuangkan UMK Kota Batam sesuai dengan besaran angka KHL (Kebutuhan Hidup Layak) yang disepakati DPK Kota Batam sebesar Rp2.8 juta, serta upah kelompok, yaitu K1 Rp3,531,522,-. K2 Rp3.445.127,- dan K3 Rp3.198.903. 

"Kami datang dan hadir ke sini untuk mengawal dan memperjuangkan UMK Batam sesuai dengan usulan KHL dan upah kelompok yang sedang dilakukan pembahasan," ujar Suprapto dalam orasinya.

Sementara itu, ‎perwakilan orator demo lainya menambahkan, kedatangan mereka ke Dompak bukan untuk mengemis dan melakukan kegaduhan. 

"Tetapi kami datang ke Dompak untuk mengawal dan menjemput keadilan, dalam pembahasan dan penetapan UMK Batam," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, orator buruh ini juga meminta pada perwakilan DPP Batam, apa yang sudah disepakati dari Batam agar dilakukan dan tidak ada tawar menawar. 

"Dan kalau tidak sanggup melakukan pembahasan, kami minta perwakilan Buruh agar keluar dari Forum Rapat DDP," tegasnya.  

Aksi demo ratusan massa buruh Batam terkonsentrasi di depan Kantor Utama Gubernur Kepri. Mereka dikawal ketat oleh aparat kepolisian, serta  pagar berduri sepanjang 2 kilometer. 

Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian P Siagian mengatakan, pengamanan demo buruh di Batam dilakukan dengan mengerahkan 285 personil atau setara dengan 2 kompi anggota Polisi dari Polres Tanjungpinang dan Bintan, dibantu satu pleton anggota Satpol-PP. 

Editor: Dardani