Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jurusan Ilmu Sosial

NUS Masuk 10 Besar Universitas Terbaik Dunia
Oleh : sn
Jum'at | 29-07-2011 | 14:24 WIB

INGGRIS, batamtoday - Universitas asal Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Australia, mendominasi posisi 10 besar universitas terbaik dunia untuk jurusan ilmu sosial. Dari Asia, National University of Singapore (NUS) masuk peringkat 7.

NUS yang berlokasi di Singapura menjadi satu-satunya universitas Asia yang berhasil menempati posisi 10 besar dalam jurusan ilmu sosial. NUS berada di peringkat 7 untuk jurusan Statistik.

NUS termasuk superior karena selalu masuk dalam daftar universitas terbaik. Untuk jurusan Sosiologi dan Ekonomi, NUS ada di peringkat 16. Sementara jurusan Politik ada di urutan 21, sedangkan jurusan hukum di urutan ke-24 dan Akuntansi menempati posisi 15.
 
Sementara negara Malaysia, yakni Universiti Kebangsaan Malaysia, masuk peringkat 151 besar untuk jurusan Statistik.  
 
Sedangkan universitas yang dinobatkan sebagai universitas terbaik di dunia adalah Harvard University. Universitas yang berlokasi di Amerika Serikat itu menduduki peringkat satu untuk jurusan ilmu ekonomi, politik internasional, akuntansi dan keuangan, hukum, serta sosiologi.  

Ini merupakan daftar peringkat universitas dengan ilmu sosial terbaik yang dirilis QS World University. Hal ini semakin meneguhkan superioritas Harvard sebagai universitas bergengsi. Tahun ini, QS juga mengukuhkan Harvard sebagai universitas terbaik di dunia dan universitas dengan jurusan biologi terbaik di dunia.
 
Daftar peringkat yang dibuat QS mengelompokkan enam jurusan dengan kinerja terbaik yaitu, akuntansi dan keuangan, ekonomi dan ekonometrik, hukum, politik dan studi internasional, sosiologi dan statistik, serta penelitian operasional. Namun untuk kategori jurusan statistik dan penelitian, Universitas Stanford menempati peringkat pertama, sedangkan Harvard di posisi dua.
 
Peringkat versi QS dibuat berdasarkan reputasi akademis universitas yang diteliti, reputasi pekerja lulusannya, dan kutipan dari penelitian. Dalam membuat daftar, QS menanyakan perusahaan yang memperkerjakan lulusan kampus yang disurvei.
 
Para bos diminta mengidentifikasi universitas yang dinilai telah menghasilkan lulusan terbaik dalam jurusan yang dipilih. Hasil penelitian menunjukkan lulusan jurusan bisnis, akuntansi dan keuangan, serta ekonomi adalah yang paling banyak dicari.
 
“Peluang kerja tidak berarti hanya manfaat belajar di universitas. Dengan biaya kuliah yang tinggi dan persaingan yang ketat, peluang kerja pasti menjadi hal utama dalam pikiran banyak calon mahasiswa,” ujar anggota Dewan Penasehat Akademik QS, John O'Leary seperti dilansir Guardian, Jumat 29 Juli 2011.