Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penjualan VW Menurun Tajam di Inggris
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-11-2015 | 12:06 WIB

BATAMTODAY.COM - Pasca-terbongkarnya skandal manipulasi emisi, penjualan mobil Volkswagen di Inggris menurun tajam sepanjang bulan Oktober dibanding periode yang sama tahun lalu.

BBC melaporkan penjualan VW turun 9,8%, Skoda juga turun 3% dengan Seat anjlok 32,2% namun Audi, Porsche, dan Bentley mencatat kenaikan penjualan. Semua merek tersebut masuk dalam grup Volkswwagen.

Secara umum, menurut Persatuan Pembuat dan Penjual Mobil, SMMT, penjualan mobil di seluruh Inggris bulan lalu turun 1,1% dibanding Oktober 2014.

Penjualan mobil VW sendiri menurun menjadi 13.970 dari 15.945 pada bulan yang sama tahun lalu. Sementara penjualan mobil dalam grup VW secara umum turun 6%.

Bagaimanapun bukan hanya penjualan VW saja yang turun karena Vauxhall juga menatat penurunan 16% sedangkan Ford sebesar hampir 9%.

Grup Volkswagen menghadapi penyelidikan yang ketat setelah bulan September terungkap bahwa mereka menggunakan perangkat lunak di dalam mobilnya untuk memanipulasi angka emisi, sehingga tampak lebih kecil dari sebenarnya.

Mereka mengakui bahwa sekitar 11 juta mobilnya di seluruh dunia terlibat dalam skandal itu.

Sumber: BBC