Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdik Batam Bangun Sekolah Pelosok Berfasilitas Lengkap
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 05-11-2015 | 16:35 WIB
IMG_20151105_115125.jpg Honda-Batam
Kadis Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam akan membangun sekolah jauh dari pusat perkotaan atau keramaian di Pulau Setokok, Kecamatan Bulang. Kamis (05/11/2015) 

Bahkan sekolah SMA yang akan dibangun pada tahun 2016 itu merupakan sekolah unggulan yang memiliki fasilitas lengkap dan diisi oleh anak-anak pintar se-Kepri.

"Perencanannya pembangaunan SMA  unggulan ini nantinya akan menjadi sekolah negeri pertama di Batam yang menampung putra-putri terbaik se-Kepri," ujar Kadisdik Muslim Bidin.

Konsep rencana awalnya Disdik akan membangun SMK, namun di Batam sekarang sudah memiliki SMK 01 unggulan yang mewakili Indonesia di kejuaraan Internasional. Sehingga pembangunananya diahlihkan ke SMA.

"Rencana awalnya itu SMK tapi tidak jadi karena sudah ada sekolah yang terbaik. Jadi pembangunannya diahlihkan ke SMA lokasinya nanti di Pulau Setokok kurang lebih luas tanah 5 hektar," katanya.

Menurut Muslim, sekolah unggulan ini  nantinya akan dilengkapi, fasilitas lengkap meliputi asrama tempat tinggal bagi siswa-siswi dan guru, lapangan olahraga serta fasilitas kolam berenang.

"Pokoknya lengkap fasilitasnya. Kita buat senyaman mungkin untuk para siswa dengan jauh dari pusat perkotaan," tuturnya.

Sekolah ungguilan ini akan dibangun secara bertahap dengan memakan waktu kurang lebih 1 tahun. Saat ini kata Muslim prosesnya sudah masuk tahap lelang dengan anggaran Rp 3,6 miliar.

"Langkah akademisnya nanti di sekolah unggulan itu kita sudah berkerja sama dengan Universitas Malang (UM), itu mungkin yang berbeda SMA yang lain," pungkasnya.

Editor: Dardani