Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Good News! PT Sumitomo akan Rekrut Ribuan Karyawan di 2016
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 05-11-2015 | 12:27 WIB
sumitomo.jpg Honda-Batam
Senior General Manager PT SWSBI, Djoko Adiprabowo Saat mempresentasikan produksi perusahaan yang dipimpinnya. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Sumitomo Wiring Systems Batam Indonesia (SWSBI), salah satu perusahaan asal Jepang yang beroperasi di Batam, tengah mengembangkan perluasan usaha menyusul meningkatnya permintaan produksi.

Perusahaan yang beralamat di Kawasan Industri Batamindo Kav. 8 Mukakuning tersebut juga dipastikan akan menambah ribuan karyawan pada tahun 2016 mendatang.

Senior General Manager PT SWSBI, Djoko Adiprabowo menjelaskan, sampai saat ini, perusahaan yang dipimpinnya mempekerjakan 1.492 karyawan, yang terdiri dari 728 laki-laki dan 764 tenaga kerja wanita.

"Tahun 2016, kita akan buka di lantai 3 untuk perluasan kapasitas produksi, dan tentunya juga akan menambah sekitar 1.500 karyawan baru," kata Djoko saat memaparkan perusahaan yang dipimpin kepada Kepala BKPM, Franky Sibarani, yang berkunjung ke PT SWSBI, Rabu (4/11/2015) kemarin.

Rencana tersebut ia pastikan akan dimulai berjalan pada awal tahun 2016, dan pada Desember tahun ini PT SWSBI juga akan mendatangkan mesin baru untuk mendukung perluasan produksi wire harness mobil tersebut.

PT SWSBI merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) asal Batam yang telah eksis selama 25 tahun, dan memiliki kapasitas produksi wire harness 260.000 set per tahun. Baca juga: BKPM Tegaskan Batam Tak Ada Masalah untuk Investasi

Hasil produksinya diserap pasar ekspor, seperti ke Thailand, Vietnam, dan Tiongkok. Pangsa pasar PT SWSBI adalah Mitsubishi 61 persen, Daihatsu 24,6 persen dan Toyota 14,4 persen.

"Sedangkan material bahan baku masih diimpor dari Jepang 51 persen, Asia 30 persen (Malaysia, Thailand dan Filiphina)," terangnya.

Editor: Dodo