Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPR Sebut Kehidupan Masyarakat Makin Susah
Oleh : Surya
Senin | 02-11-2015 | 17:18 WIB

BATAMTODAY.COM, Lombok-Wakil Ketua DPR Fadli Zon dari Fraksi Partai Gerindra mengatakan, masyarakat mengeluhkan tingkat kesejahteraannya yang menurun selama kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-WApres Jusuf Kalla (JK)


Keluhan itu dia dapatkan setiap melakukan kunjungan ke daerah pemilihannya di Kabupaten Bogor, Jawa Barat V, yang berdekatan dengan Ibukota negara di Jakarta.

"Di dapil saya enggak ada tuh yang bahagia dengan kondisi sekarang ini. Hidup makin susah di zaman Jokowi. Itu di Bogor, dekat di Jakarta, bagaimana dengan daerah lain," kata Fadli saat membuka Press Gathering DPR, di Lombok, Nusa Tenggara Barat kemarin.

Fadli mengatakan, keluhan masyarakat tersebut kebanyakan terkait harga kebutuhan pokok yang naik, namun pendapatan sehari-hari mereka stagnan. 

Fadli meyakini, masyrakat di daerah-daerah pemilihan lain juga merasakan kesulitan yang serupa, yakni tingkat kesejahteraannya menurun.

Untuk itu, Fadli mengimbau anggota DPR memanfaatkan reses pada November ini untuk terus berkegiatan di dapil dan mendengarkan masukan dari masyarakat. 
Nantinya, hasil kegiatan dari dapil itu harus dilaporkan kepada media massa agar masyarakat umum bisa mengetahuinya.

Jika perlu, lanjut Fadli, anggota DPR sebaiknya mengajak wartawan ikut ke dapil sehingga bisa melihat kondisi nyata yang ada disana.
Selama ini banyak kegiatan anggota DPR saat melAkukn penyerapan aspirasi di dapil karena tidak terpublikasikan. 

Karena itu, pimpinan DPR dan BURT akan membahas dan mempertimbangkan untuk mengajak wartawan meliputi kegiatan anggota DPR di dalam dan luar Senayan.

"Apa betul sekarang ini masyarakat masih happy-happy saja, atau kondisinya sudah jauh berbeda. Yang saya tahu kehidupan makin sulit," ucap Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Nantinya, DPR melalui komisi-komisi terkait bisa menyampaikan aspirasi dari masyarakat itu kepada pemerintah. Jika memang di mayoritas daerah masyarakat merasa kehidupannya semakin sulit, maka lanjut Fadli, ini harus menjadi catatan tersendiri bagi Jokowi-JK.

"Pemerintah harus bekerja jauh lebih dan jauh lebih cerdas untuk mengatasi persoalan kesejahteraan ini," tandas Fadli.

Editor : Surya