Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Sejarah UNRIKA Terakreditasi B
Oleh : CR12
Jum'at | 16-10-2015 | 11:14 WIB
dahrul-unrika.jpg Honda-Batam
Dahrul Aman Harahap, S.Pt, MM. M.Pd, Dekan FKIP Unrika. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika dan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau Kepulauan (Unrika) meraih predikat Akreditasi B. 

Hasil kerja keras civitas akademika Unrika itu, tertuang dalam Surat Keputusan (SK) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan No SK: 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015 menjadi bukti keseriusan para Civitas Akademika dalam membangun layanan kualitas pendidikan.

Dahrul Aman Harahap, S.Pt, MM. M.Pd, Dekan FKIP Unrika mengatakan dengan adanya SK tersebut membuktikan bahwa pihaknya sangat serius dan berjuang keras dalam meningkatkan kualitas lulusan. 

Diharapkan, nantinya para mahasiswa lulusan dari FKIP Unrika dapat bersaing di dalam masyarakat. Kemudian juga hal ini bisa membuktikan kepada masyarakat bahwa, tidak ada perbedaan antara kampus swasta dan kampus negeri.

"Iya kami bersukur dapat Akreditasi B dari BAN-PT, tertanggal 3 September 2015 berlaku sampai 3 September 2020. Ini hasil kerja keras semua elemen kampus, mudah-mudahan nanti bisa menghasilkan lulusan yang unggul dan bersaing di dalam masyrakat. Biar masyarakat itu tahu kampus negeri dan swasta itu sama saja, yang membedakan itu salah satunya akreditasi," ujar Dahrul, saat ditemui belum lama ini.

Dahrul menjelaskan di FKIP Unrika menaungi 5 prodi yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Badan Konseling.

Sejarah berdirinya FKIP dimulai pada tahun 2006, yang pada saat itu hanya ada 3 prodi yakni Pendidikan Matematika, Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Biologi. Kemudian tahun 2007 muncul Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris disusul Pendidikan Badan Konseling (BK) pada tahun 2014.

Darulmengatakan dari 4 prodi, kecuali BK, sudah terakreditasi C pada tahun2010. Saat ini yang terakreditasi B ada 3 jurusan. Namun, untuk jurusan Biologi belum diterima SK dari BAN-PT. Sedangkan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris saat ini pihaknya sudah mengajukan ke BAN-PT di Jakarta sejak tanggal 13 Oktober 2015 yang lalu. Darul mengaku optimis akan mendapatkan Akreditasi B, sebab semua berkas sudah sesuai dengan kriteria maupun syarat-syarat yang dimaksudkan.

"Saat ini yang terakreditasi B sudah 3 prodi, cuma SK yang baru keluar hanya untuk prodi Matematika dan Sejarah. Untuk jurusan Biologi sudah terakreditasi B, tapi SK-nya saja yang belum terima. Kami optimis bakal dapat B. Bahasa Inggrisnya juga sudah kami ajukan, tinggal jurusan BK," ujarnya.

Hasil bagus ini membuktikan bahwa selama 5 tahun terakhir Jurusan Matematika dan Sejarah telah mengalami perubahan yang positif dalam hal sarana dan prasarana sehingga dapat menyakinkan para tim akreditasi dari BAN PT untuk memberi nilai yang maksimal.

Darul mengatakan kedepan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga akan memperoleh Akreditasi A pada tahun 2020.

"Nah, ini akan kami pertahankan dan akan kami tingkatkan lagi kualitasnya. Sehingga lima tahun kedepan bisa dapat akreditasi A. Kami yakin dan optimis bakal dapat yang terbaik," ujar Darul dengan penuh keyakinan.

"Semoga hasil yang baik ini merupakan bekal untuk mewujudkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang lebih baik untuk kegiatan pendidikan saat ini dan masa mendatang," pungkasnya.

Editor: Dodo