Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

100 Nama Tokoh Media Paling Berpengaruh 2011
Oleh : Magid
Selasa | 26-07-2011 | 12:52 WIB

LONDON, batamtoday - Majalah Guardian yang bermarkas di Inggris, kembali merilis 100 nama tokoh media paling berpengaruh tahun 2011 ini. Diantara nama tokoh-tokoh pendiri media, nama Mark Zuckerberg pendiri situs jejaring sosial Facebook masuk nominasi teratas, disusul Jack Dorsey yang tidak lain adalah pendiri Twitter.

Keluarnya dua nama pendiri situs jejaring sosial dalam daftar 100 nama tokoh paling populer menandakan bahwa jejaring sosial berhasil merebut hati masyarakat Dunia. Dalam publikasinya, tahun 2011 ini, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa pengguna situs jejaring sosial yang dikelolanya tercatat lebih dari 750 juta orang. Angka tersebut cukup fantastis, dan membuatnya menjadi media paling populer di Dunia.

Seperti dirilis batamtoday dari laman Guardian, Selasa, 26 Juli 2011, ternyata nama Julian Assange pendiri situs kontroversial, Wikileaks, juga masuk dalam jajaran nama tokoh-tokoh yang dipublikasikan tersebut. Meski Julian sempat dikecam sejumlah negara akibat keberanianya meluncurkan situs Wikileaks yang merilis data rahasia (pesan kabel) dari kantor kedutaan Amerika di seluruh Dunia, namun kondisi ini justru membuatnya menjadi orang yang cukup populer di dunia Media.

Berikut daftar 9 besar dari 100 nama tokoh media paling berpengaruh tahun 2011, versi the guardian:
1. Mark Zuckerberg - Facebook
2. Jack Dorsey - Twitter
3. Larry Page - Google
4. Steve Jobs - Apple
5. Richard Desmond - Daily Star
6. Alexander Lebedev - Independent
7. Jeff Bezos - Amazon
8. Tim Davie - BBC
9. Geordie Greig - Evening Standart