Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UEA Investasikan 35 Miliar Dolar AS untuk Energi Bersih
Oleh : Redaksi
Senin | 05-10-2015 | 14:28 WIB
suhail_autobeatinsider.jpg Honda-Batam
Menteri Energi UEA, Suhail al-Mazroue. (Foto: autobeatinsider.com)

BATAMTODAY.COM - Uni Emirat Arab menginvestasikan 35 miliar dolar AS pada 2021 mendatang untuk menciptakan energi bersih sebagai upaya mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil seiring dengan merosotnya harga minyak dunia.

Dilansir VOA, Menteri Energi Suhail al-Mazroue menyampaikan investasi puluhan miliar dolar AS tersebut akan difokuskan pada pembangunan tenaga nuklir dan sinar matahari. Saat ini, empat reaktor nuklir sedang dibangun untuk memenuhi kebutuhan energi UEA.

Sebuah konsorsium yang dipimpin perusahaan energi listrik Korea tahun 2009 memenangkan kontrak bernilai lebih dari 20 miliar dolar untuk membangun empat reaktor nuklir yang masing-masing berkapasitas 1.400 megawatt di Baraka, sebelah barat ibukota Abu Dhabi.

Tujuan kami, tegas Suhail al-Mazrouei, adalah meningkatkan penggunaan energi terbarukan menjadi 30 persen dari sekarang hingga tahun 2020/2030, dan mengurangikonsumsi gas alam menjadi 780 persen.

Ia mengatakan, diversifikasi ini juga merupakan upaya memastikan keamanan dan kestabilan harga untuk konsumen. Namun ia menambahkan, sementara permintaan keseluruhan terus meningkat, produksi gas Uni Emirat Arab akan harus ikut dinaikkan.

Sumber: VOA