Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disetujui Lima Fraksi, Ranperda APBDP Tanjungpinang Disahkan Sesuai Target
Oleh : Habibi
Rabu | 30-09-2015 | 18:57 WIB
pengesahan-apbdp-pinang-291.jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah meneken naskah pengesahan APBDP 2015. (Foto: BATAMTODAY.COM/Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Kota Tanjungpinang 2015 akhirnya disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD bersama Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, Rabu (30/9/2015). Ranperda tersebut disahkan karena ada sebanyak 5 fraksi yang menyatakan persetujuannya disahkan menjadi Perda.

Ranperda ini tentunya sesuai dengan target yang dikatakan oleh Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang, Ade Angga yang menargetkan rampung dan disahkan pada 30 September. Minus 2 fraksi yang tidak menyatakan persetujuan serta adanya du fraksi yang menyetujui namun menyelipkan catatan-catatan, Perda APBDP sudah diketuk dan siap menghadap Gubernur Kepri untuk dievaluasi.

"Lima fraksi yang menyetujui itu ada PDIP, Golkar, Hanura, Gerindra dan PKS, sementara 2 fraksi yang tidak mengeluarkan pendapat ada Amanat Pembangunan dan Demokrat Plus. Namun, Golkar dan PKS memberikan beberapa catatan untuk Pemko Tanjungpinang, salah satunya adalah memangkas kegiatan seremonial yang memang tidak terlalu urgent," ujar Ade Angga saat diwawancarai usai Paripurna.

APBDP yang disahkan, kata Ade Angga, sebesar Rp 962.520.875.321, yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp 441.091.327.381 dan belanja langsung sebesar Rp. 521.429.547.940.

"Sesuai dengan kesepakatan, belanja tidak langsung itu sebesar 45,82 persen dan belanja langsung 54,18 persen," kata dia.

Terkait hal ini, Lis Darmansyah sangat senang sekali, mengingat waktu anggaran 2015 hanya tinggal 3 bulan lagi. Lis mengatakan sangat berterimakasih kepada anggota DPRD dan juga terhadap catatan-catatan juga kritikan tentang APBDP tersebut guna menjadi evaluasi Pemerintah Kota Tanjungpinang.

"Tentunya akan kita koordinasikan kembali, itu akan kita sesuaikan dengan hasil audit Inspektorat nantinya, yang jelas kita akan terus bersinergi untuk membangun Tanjungpinang. Dan kita berterima kasih, karena banyak dewan yang perhatian, sehingga kitapun sangat berterima kasih ada beberapa hal atau kegiatan yang memang dikritisi ini untuk menyelamatkan kegiatan yang lain," ujar Lis. 

Editor: Dodo