Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masuk Level Sangat Berbahaya, ISPU di Batam Sentuh 257 PSI
Oleh : Ahmad Rohmadi/Hadli
Selasa | 29-09-2015 | 12:09 WIB
kabut-asap-wtb.jpg Honda-Batam
Tulisan Welcome to Batam di Bukit Klara Batam Centre yang samar tertutup kabut asap. (Foto: BATAMTODAY.COM/Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Batam terus merangkak naik pada level yang sangat berbahaya untuk dihirup.

Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Batam, Dendi Purnomo mengatakan ISPU sudah mencapai angka 257 dan dia menyatakan kualitas udara sudah sangat berbahaya

"Terakhir kita pantau jam 10.00 WIB ISPU mencapai angka 257 terus naik dari sebelumnya jam 06.00 WIB mencapai 160," kata Dendi, Selasa (29/9/2015).

Dengan kualitas udara yang sudah sangat tidak sehat, dia mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan wapada dalam berkendara karena jarak pandang yang juga sudah terbatas.

Imbauan yang sama juga disampaikan Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Ardiwinata mengingat pada siang ini ISPU sudah sangat tidak sehat.

"Atas nama Pemko Batam, kami mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan masker jika keluar rumah dan tetap waspada," kata Ardi.

Ia mengatakan pihaknya selalu memantau perkembangan ISPU pasalnya asap kiriman dari kebakaran hutan di Riau, Jambi dan Sumatera Selatan ke Batam naik turun.

Namun, jika ISPU sudah mencapai angka di atas 300 ia katakan pihaknya akan melakukan langkah-langkah darurat asap. "Ya, kita selalu waspada. Kan memang anggaran untuk itu ada, kita akan pantau terus," katanya.

Editor: Dodo