Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawaslu Kepri Minta Media Sajikan Berita Mencerdaskan
Oleh : Habibi
Sabtu | 26-09-2015 | 14:56 WIB
ilustrasi-coblos-pemilu.jpg Honda-Batam
Ilustrasi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepri meminta pers menyajikan berita yang mencerdaskan pemilih dalam menentukan pilihan.

Selain itu, Ketua Bawaslu Provinsi Kepri, Razaki Persada juga meminta kepada masing-masing calon agar tidak memanfaatkan media sebagai media kampanye.

Razaki mengatakan media memiliki andil besar dalam mensukseskan Pilkada serentak 2015 melalui pemberitaan yang dapat menjadi pertimbangan masyarakat ketika akan menentukan hak pilih.

"Kampanye yang dilakukan masing-masing pasangan pada Pilkada nanti kami harapkan tidak hanya dilakukan di media masa maupun elektronik, tetapi berbentuk tatap muka, dialog dan lain sebagainya yang dapat langsung berhubungan dengan masyarakat," tutur Razaki.

Dengan demikian, tambah Razaki, masyarakat akan terpengaruh karena memang mereka telah melihat langsung masing-masing calon, bukan malah populer di media saja. Karena materi si pasangan calon yang banyak ditulis media. 

Razaki melihat, media masih menjadi senjata ampuh untuk memperoleh popularitas di mata masyarakat umum."Dengan berita yang dapat mencerdaskan, masyarakat pun tidak terpengaruh dengan adanya unsur popularitas pasangan calon," ujarnya.

Selain itu, Bawaslu Kepri meminta agar media memberikan berita yang setara kepada masing-masing pasangan calon. "Artinya, setiap pasangan calon yang masuk dalam berita mendapatkan kesetaraan berita, sehingga tidak ada yang dirugikan," ucap Razaki.

Sikap tersebut menurut Razaki bukan karena memberikan batasan terhadap suatu pemberitaan, tetapi mengatur agar masing-masing calon memperoleh kesetaraan di mata masyarakat.

Editor: Dardani