Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabut Asap Kembali Selimuti Lingga, Warga Diimbau Tak Sembarangan Bakar Sampah
Oleh : Nur Jali
Jum'at | 18-09-2015 | 15:32 WIB
lahan-terbakar-lingga.jpg Honda-Batam
Salah satu lahan di Lingga yang terbakar.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Setelah dua hari diguyur hujan, hari ini kabut asap kembali melanda sebagian wilayah Lingga dan sekitarnya. Menyikapi kejadian ini, Kepala BPBD Kabupaten Lingga mengimbau agar masyarakat tidak membakar sampah di lahan-lahan yang kering karena bisa berpotensi mengakibatkan kebakaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lingga Abdul Khatab mengatakan musim kemarau memang rawan kebakaran dan dari catatan instansinya, untuk wilayah Singkep sudah hampir lima kali terjadi kebakaran di beberapa titik hutan di Dabosingkep. 

Untuk lima titik api di wilayah Lingga yang sempat terjadi kebakaran, yaitu di wilayah Bukit Lintang belakang PLTD, dua titik hutan wilayah Singkep Barat dan hutan wilayah Gunung Muncung.  

"Kabut di Lingga ini tidak saja kiriman dari Jambi dan Riau tapi, di Singkep sendiri sudah hampir lima kali terjadi kebakaran lahan, meskipun berhasil dipadamkan tapi hal ini akan sangat berbahaya jika tidak dicegah," kata Khatab saat dihubungi, Jumat (18/9/2015). 

Pihaknya menilai, kebakaran yang terjadi masih dalam lingkup kecil dan belum ditemukan unsur kesengajaan. Namun demikian, Khatab mengatakan sudah menyiapkan sanksi hukum bagi pelaku pembakaran hutan secara sengaja.

"Saat ini memang belum terlalu berdampak, tapi kita ingatkan jangan sampai ada unsur kesengajaan, karna hal tersebut juga akan merugikan masyarakat sekitar, dan bukan tidak mungkin akan ditindak secara hukum," ungkapnya. 

Editor: Dodo