Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPBD Batam Siap Bagikan 25 Ribu Masker Jika ISPU Lewati Ambang Batas Normal
Oleh : Ahmad Romadi
Rabu | 16-09-2015 | 17:38 WIB
kabut_asap_batam2.jpg Honda-Batam
Kabut asap yang menyelimuti Kota Batam beberapa waktu lalu. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kota Batam menyatakan selalu siap mengantisipasi bencana, termasuk asap yang menyelimuti Kota Batam sepekan terakhir. Bahkan, sebanyak 25 ribu masker juga telah siap dibagikan jika Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kota Batam melewati ambang batas normal atau masuk dalam kategori berbahaya.

Kepala BPBD Kota Batam, Azman, menyampaikan bahwa pihaknya selalu siap siaga mengevakuasi jika ada korban jika ISPU Kota Batam masuk pada taraf berbahaya. "Kami sudah jelas sangat siap evakuasi jika memang ada korban, antisipasi sudah selalu kami siapkan," kata Azman, Rabu (6/9/2015).

BPBD, imbuhnya, selalu memantau situasi kabut asap kiriman dari kebakaran hutan yang terjadi di Provinsi Riau, Sumatera Selatan, dan Jambi tersebut. Selain itu, katanya, Pemerintah Kota Batam juga telah menyiapkan sedikitnya sekitarnya 25 ribu masker guna untuk mengantisipasi jika ISPU meningkat.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Candra Rizal, masih terus mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitasnya di luar rumah. "Meskipun jumlah masyarakat yang terkena ISPA masih di bawah seratus, saya harap masyarakat tetap waspada," pesannya. (*)

Editor: Roelan