Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Ingin Gemuk, Taruhlah Sisa Camilan di Meja
Oleh : sn
Rabu | 20-07-2011 | 14:40 WIB

BATAM, batamtoday - Kalau Anda sedang menghindari kegemukan, ada cara untuk mengurangi
kebiasaan ngemil Anda. Selagi ngemil makan kacang misalnya, taruhlah kulit kacang itu di atas meja, biarkan tampak berserakan.

Mengapa? Menurut penelitian, sampah berupa kulit kacang atau bungkus makanan lainnya yang berserakan bisa memangkas kalori hingga 40 persen karena nafsu makannya berkurang.

Berkaitan dengan ngemil kacang, para ahli menganjurkan untuk ngemil kacang yang masih ada kulitnya. Sebab, kacang yang masih ada kulitnya lebih bagus untuk ngemil karena akan menyisakan sampah.

Para peneliti dari Eastern Illinois University menyebut, pengaruh sampah terhadap pola makan sebagai 'pistachio effect'. Efek ini membuat sampah-sampah tersebut sebagai pengingat visual untuk mempercepat rasa kenyang agar berhenti ngemil, atau menurunkan nafsu makan.

"Ngemil kacang yang masih ada kulitnya memberi 2 keuntungan. Yang pertama, jadi agak repot. Yang kedua, sampahnya bisa menjadi pengingat yang akan membatasi asupan kalori," ungkap seorang peneliti, James Painter, seperti dikutip Mirror, Rabu (20/7/2011).

Painter membuktikannya melalui sebuah eksperimen. Sebanyak 140 mahasiswa dilibatkan, sebagian diberi cemilan kacang yang sudah dikupas dan sisanya diberi kacang yang masih ada kulitnya.

Kelompok mahasiswa yang ngemil kacang tanpa kulit, tercatat mendapat tambahan rata-rata 211 kalori per hari dari cemilannya itu. Sementara mahasiswa yang ngemil kacang berkulit, mendapat asupan rata-rata 125 kalori per hari atau 40 persen lebih rendah.

Menurut Painter, efek yang sama tidak hanya terjadi pada kacang, melainkan segala jenis makanan ringan yang sering menjadi pemicu kegemukan.