Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diimingi Hadiah, Rika Tertipu Petugas Bank Gadungan
Oleh : Gokli/Dodo
Rabu | 20-07-2011 | 14:18 WIB
suami.JPG Honda-Batam

Yahya baju putih, gendong anak, saat ditanyai wartawan di depan Polsek Sagulung. Batamtoday/gokli

BATAM, batamtoday - Rika Febrina (29) warga perumahan Cipta Asri Blok K no.175  Sagulung, Batam tertipu oleh seseorang petugas bank gadungan yang mengimingi dirinya dengan hadiah.

"Istri saya langsung percaya dan kemudian mentransfer sejumlah uang ke rekening yang disebutkan orang itu melalui mesin skimer," kata Yahya Junaidi, suami korban saat melaporkan peristiwa ini ke Polsek Sagulung, Rabu, 20 Juli 2011.

Yahya mengatakan kejadian penipuan itu berlangsung pada Selasa, 19 Juli 2011 sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu istrinya dihubungi sebuah nomor berkode area Jakarta yang mengatakan bahwa Rika menjadi pemenang sebuah undian yang digelar oleh bank BUMN. Pria di ujung telepon itu juga mengatakan akan ada petugas dari BNI yang datang ke rumah Rika untuk memberikan hadiah itu.

Hadiah yang diberikan, lanjut Yahya, yakni berupa voucher menginap gratis di hotel berbintang, voucher diskon berbelanja di seluruh pusat perbelanjaan dan tiket penerbangan gratis.

Tak lama setelah ditelepon, datanglah seorang yang mengaku sebagai petugas bank sambil membawa beberapa voucher yang dijanjikan. Selain itu, pria tersebut juga membawa mesin skimer berlogo BCA dan meminta Rika untuk meregistrasi dirinya dengan cara menggesekkan kartu ATM miliknya ke mesin tersebut.

Bagai kerbau dicocok hidungnya, Rika menuruti permintaan pria itu dan melakukan transfer uang sebesar Rp1,9 juta. Setelah proses transfer usai, pria tersebut kemudian menghilang dengan menggunakan ojek.

Saat kejadian itu, Yahya baru bekerja dan istrinya sempat menelepon dirinya mengenai perihal hadiah tersebut. Sepulangnya dari kerja, Yahya lantas menghubungi bank BUMN yang dimaksud.

"Pihak bank menyatakan itu penipuan karena tidak menggelar program berhadiah," kata Yahya.

Seketika itu juga, Rika langsung lemas mendengar penuturan suaminya sesuai dengan keterangan dari pihak bank.

Hingga berita ini ditulis, Rika masih memberikan keterangan seputar penipuan yang menimpa dirinya kepada petugas Polsek Sagulung.