Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Karam di Perairan Selangor, 14 WNI Dilaporkan Tewas
Oleh : Redaksi
Kamis | 03-09-2015 | 20:55 WIB
korban yang dibawa ke darat bernama.jpg Honda-Batam
WNI yang menjadi korban kapal karam saat dievakuasi. (Foto: Bernama)

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Sebanyak 14 orang warga negara Indonesia (WNI) dilaporkan tewas setelah sebuah kapal yang mengangkut 70 penumpang karam di perairan Selangor, Malaysia, Kamis (3/8/2014) pagi. Sementara 15 penumpang berhasil diselamatkan.

Pejabat maritim setempat, Mohd Aliyas Hamdan, seperti dinukil dari Bernama mengatakan, kapal sepanjang 40 kaki itu karam ketika dalam perjalanan dari Kuala Sungai Bernam menuju ke Tanjungbalai, Indonesia. Kecelakaan itu terjadi di lokasi sekitar 9 mil laut di barat daya Tanjung Sauh.

Dia menjelaskan, Biro Maritim (APMM) menerima informasi dari nelayan setempat pukul 10.37 pagi yang telah menjumpai 14 mayat, yaitu 13 wanita dan seorang lelaki, serta menyelamatkan 15 yang lain terdiri dari 14 lelaki dan seorang wanita.

Diduga, kapal itu karam akibat cuaca serta kelebihan muatan. "Kami masih menyelidiki kasus ini," katanya.

Dia meyakini, sebagian besar penumpang kapal itu adalah warga negara Indonesia yang ingin pulang ke kampung halaman menyambut Idul Adha. Kendati demikian, pihaknya akan meminta keterangan dari penumpang yang selamat untuk mengetahui apakah ada penumpang dari warga negara lain. Bahkan diyakini sebagian besar penumpang adalah pekerja ilegal. (*)

Editor: Roelan