Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dampak Kebakaran Hutan di Sumatera, Kabut Asap Mulai Selimuti Batam
Oleh : Hadli
Jum'at | 21-08-2015 | 14:44 WIB
kabut_asap_batam1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabut asap kebakaran hutan wilayah Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan mulai menyelimuti Batam dan Provinsi Kepri. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam menyebut hal itu terjadi karena perubahan arah angin. 

"Arah angin terjadi perubahan. Saat ini angin bertiup dari barat daya, sehingga asap kebakaran dari Jambi dan Sumatera Selatan terbawa hingga ke Batam," kata Agus Tri, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam, Jumat (21/8/2015). 

Terpantau, kata dia, titik api masih banyak terjadi di wilayah tersebut. Jarak pandang saat ini masih berkisar antara 8.000 sampai dengan 10.000 meter. "Jarak pandang saat ini masih aman untuk transportasi di Batam," ujarnya. 

Namun demikian bila angin masih bertiup dari barat daya dalam beberapa hari kedepan, Batam dan wilayah Kepri lainnya akan diselimuti asap tebal dari Jambi dan Sumatra Selatan. Namun, tidak akan signifikan. 

"Kalau terjadi perubahan signifikan, akan segera kami sampaikan kemasyarakat. Sejauh ini masih aman, jarak pandang masih di atas 5.000 meter,"  tuturnya. 

Menurut Tri, Provinsi Kepri termasuk Batam sangat rentan dengan asap kiriman hasil kebakaran hutan di wilayah tersebut. Hal itu dikarenakan  letak daerah ini di tengah -tengah perbatasan antara Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. 

"Pada saat arah angin dari timur, asap dari Kalimantan sangat berpotensi menyelimuti Batam. Jika dari barat hingga barat daya, asap dari Sumatera berpotensi menyelimuti Kepri," tutupnya. 

Pantauan BATAMTODAY.COM, kabut asap mulai menyelimuti udara Batam terjadi sejak dua hari ini. Namun pada Jumat (21/8/2015) kabut asap yang menyelimuti Batam lebih pekat dibanding hari Kamis (20/8/2015).

Kabut yang menyelimuti dari pagi tadi terlihat menyelimuti hutan dan wilayah dataran tinggi. Dikarenakan siang hari ini Batam mengalami hujan lokal, kabut asap ini sedikit berkurang.

Editor: Dodo