Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekte Yang Melakukan Bunuh Diri Massal Bag II

Sollar Temple Renggut 69 Korban Jiwa
Oleh : Redaksi
Sabtu | 18-12-2010 | 10:54 WIB

Canada, batamtoday - Ordo Kenisah Matahari ( Order of the Solar Temple ) didirikan oleh Luc Jouret, seorang warga negara Kanada kelahiran Swiss pada bulan Juni  tahun 1987.

Kelompok ini merupakan sempalan dari Kenisah yang diperbarui dan didirikan oleh Julian Origas pada tahun 1970. Karena Jouret sangat mementingkan kekuasaan, ia diminta keluar dari kelompok ini pada tahun 1990; selanjutnya keberadaannya misterius.

Kelompok yang dipimpin Jouret ini memiliki jaringan di Kanada, Perancis, Belgia, Belanda,Jerman, Denmark dan Swiss. Keanggotaannya sangat rahasia, sehingga suami/istri/anak/orang tua seorang anggota tidak mengetahui bahwa salah seorang anggota keluarganya merupakan anggota sekte ini. Sekte ini baru dikenal luas ketika ditemukan 53 jenazah di antara puing-puing rumah yang terbakar di desa Cheiry, Swiss barat daya, pada tgl 5 Oktober 1994 dan di Morin Height (dekat Montreal) Kanada, pada waktu yang hampir bersamaan.

Jenazah Luc Jouret ditemukan sebagai salah satu dari 53 orang yang melakukan bunuh diri masal di Cheiry; ia berusia 46 tahun. Ternyata kematian Luc Jouret belum menghancurkan kelompok Kenisah Matahari, sebab pada bulan Desember 1995 kembali ditemukan 16 mayat anggota kelompok ini yang melakukan bunuh diri massal di Perancis. Mereka ditemukan dalam formasi matahari, dengan kaki pada unggun di bagian tengah. Kematian dalam bentuk matahari ini diyakini sebagai kematian yang disucikan oleh api.

Bagaimanakah ajaran Sekte Kenisah Matahari?

Luc Jouret menganggap diri sebagai seorang Mesias baru. Ia mengajarkan semangat untuk menjadi ksatria rohani yang menggabungkan semangat militer dengan gagasan keagamaan tentang pemurnian dunia dari kebobrokan dan kejahatan, yaitu melalui jalan kekerasan (dengan memakai senjata). Karenanya kematian masal itu diyakini sebagai bagian dari rantai penghancuran kemerosotan masyarakat modern.

Kelompok Luc Jouret ini juga mengaku memiliki hubungan dengan keturunan ksatria templar. Satu ciri mereka adalah mengambil anggota secara diam-diam, dan formasi organisasi didalamnya sangat rahasia.

Menurut "Peronnik" (nama samaran anggota sekte Kenisah Matahari, Robert Chabrier) dalam bukunya, " de l'Ordre du Temple?"  1975, hlm 147-149, tujuan dari Ordo Kuil Matahari termasuk: membangun" pengertian yang benar wewenang dan kekuasaan di dunia ", sebuah penegasan keunggulan spiritual atas temporal, membantu kemanusiaan melalui transisi "besar", persiapan untuk Kedatangan Kedua dari Yesus sebagai raja-dewa matahari, dan melanjutkan perpaduan semua gereja Kristen dan Islam . Kelompok ini sangat terpengaruh ajaran okultis yang dimunculkan bapak pengikut setan Aleister Crowly.