Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soni Sumarsono Penjabat Gubernur Kepri

Tarmidzi Ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur Kalsel
Oleh : Surya
Senin | 10-08-2015 | 20:00 WIB
Tarmidzi.jpg Honda-Batam
Tarmidzi A Karim, Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan yang juga Inspektur Jenderal Kementeri Dalam Negeri

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negari (Kemendagri) Tarmidzi A Karim sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), setelah terjadi kekosongan pemerintahan paska berakhirnya jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalsel, Rudi Arifin dan Rudi Resmawan pada 8 Agustus 2015 lalu.


Pelantikan Tarmidzi sebagai Penjabat Gubernur Kalsel dilakukan Mendagri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin (10/8/2015). 

Tarmidzi akan mengemban tugasnya sebagai Penjabat Gubernur Kalsel hingga terpilihnya gubernur dan wakil gubernur Kalsel definitif hasil Pilkada Serentak pada 9 Desember 2015 mendatang.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa tugas utama Pj Gubernur Kalsel adalah menjaga suksesnya pilkada serentak dan menjalin komunikasi dengan pemimpin daerah, tokoh masyarakat dan ulama.

"Kalsel cukup unik karena peran tokoh agama, tokoh masyarakat sangat penting," katanya.

Tugas berikutnya, kata Tjahjo, adalah mengoptimalkan anggaran yang harus disinergikan dalam kebijakan politik pembangunan.

"Lanjutkan apa yang harus diprogramkan, mana yang harus digunakan anggaran besar," kata dia.

Gubernur Kalsel periode 2010-2015 Rudy Ariffin berharap agar Pj Gubernur Kalsel dapat melanjutkan program yang telah dijalankan, dan terutama berupaya agar dapat menyelenggarakan pilkada serentak yang kondusif di 13 kabupaten-kota di Kalimantan Selatan.
Pada kesempatan yang sama, Mendagri juga melantik Wakil Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Erliana Hasan.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah, anggota DPR RI, anggota DPD, dan beberapa pejabat Kemendagri.
Dengan dilantiknya Tarmdizi A Karim sebagai Penjabat Gubernur Kalsel, maka Mendagri telah melantik tiga Penjabat Gubernur dari 9 provinsi yang akan ikut Pilkada Serentak pada 2015.

Sebelumnya, Mendagri telah melantik Irman, mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri sebagai Penjabat Gubernur Jambi. Mendagri juga telah melantik Hadi Prabowo, Deputi I Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Tengah.

Adapun enam provinsi lainnya, yang segera ditunjuk Penjabat Gubernur adalah Sumatera Barat (15-08-2015),  Kepulauan Riau (19-08-2015), Bengkulu (29-11-2015), Kalimantan Utara (22-04-2015), Sulawesi Utara (20-09-2015) dan Sulawesi Tengah (17-06-2015).

Mendagri sendiri dikabarkan telah menunjuk Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Soni Sumarsono sebagai Penjabat Gubernur Kepulauan Riau, dan Keppresnya telah diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Editor: Surya