Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Lima Kebiasaan Sehat untuk Mata
Oleh : Redaksi
Jum'at | 07-08-2015 | 14:50 WIB
mata-sehat1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi

BATAMTODAY.COM - Mata adalah jendela jiwa. Jangan remehkan kesehatannya agar kemampuan melihat kita tetap baik sampai tua. Merawat mata tidak sulit, tidak pula mahal. Lakukan saja kebiasaan sederhana ini untuk mata sehat bercahaya.

1. Nutrisi mata
Sebagai anggota tubuh, mata juga perlu nutrisi. Pilih makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, lutein, zink,  vitamin C, A dan E untuk membantu menunda gangguan penglihatan akibat usia seperti degenerasi makular dan katarak. Nutrisi-nutrisi tersebut banyak ditemukan di sayuran hijau seperti bayam, kale, kangkung, dan sawi. Selain itu kandungan gizi tsb juga dapat ditemukan pada  ikan seperti tuna, tongkol, bandeng dan jenis ikan lainnya terutama yang berasal dari laut, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan protein nondaging lainnya. Jangan lupakan beragam buah seperti jeruk, pepaya, tomat, sitrus.

2. Stop merokok
Anda harus tahu ini: Merokok dapat mempercepat terjadinya katarak, kerusakan syaraf, dan degenarasi makular. Maka itu, berhenti merokok. Sudah pernah mencobanya tapi gagal? Coba terus. Semakin sering Anda mencoba, semakin besar kemungkinan berhasil.

3. Gunakan kacamata hitam
Ini agar mata selamat dari debu dan paparan ultraviolet A dan B dari matahari. Pilih kacamata yang dapat menghalau 100% UVA dan UVB dengan bentuk bingkai ketat atau model wrap around supaya debu tak mudah masuk. Bagi yang hobi mengemudi, pilih kacamata berpolarisasi untuk mengurangi  keluhan silau pada mata.

4. Bersahabat dengan kacamata google
Jika pekerjaan Anda berhubungan dengan paparan material berbahaya seperti las dan sejenisnya, selalu gunakan kacamata google selama pekerjaan berlangsung. Beberapa jenis olahraga seperti hoki, racquetball juga berpotensi melukai mata. Gunakan kacamata google atau kacamata olahraga khusus. 

5. Jaga jarak dengan layar komputer
Menatap layar komputer terlalu lama dan terlalu dekat dapat merusak lensa mata, menyebabkan pandangan kabur, mata kering dan berair, gangguan melihat jauh, kepala pusing, leher dan bahu kaku dan sakit. Untuk mencegah semua keluhan itu, lakukanlah:
- Pastikan kacamata atau lensa kontak Anda sudah sesuai dengan saran dokter mata dan nyaman dikenakan dalam waktu lama.
- Beberapa orang perlu penyesuaian khusus antara kacamata dengan tingkat kekontrasan dan cahaya komputer. Pastikan kacamata Anda sesuai untuk itu. 
- Atur posisi bagian atas layar komputer sejajar dengan posisi mata Anda. Ini akan membuat pandangan sedikit menunduk ke bawah ketika menatap layar dan membuat mata tak cepat lelah. 
- Hindari pencahayaan layar yang terlalu terang. Gunakan pelapis layar anti-glare jika perlu. 
- Pastikan tempat duduk Anda nyaman, tidak terlalu tinggi atau rendah, dan telapak kaki bisa menapak lantai.
- Jika mata terlalu kering, berkedip-kediplah
- Setiap 20 menit istirahatkan mata dengan melihat sejauh 6-7 meter ke depan selama 20 detik. Tiap dua jam ambil waktu istirahat dan bangun dari tempat duduk selama 15 menit. 

Sumber: meetdoctor.com