Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Muslim Bidin Klaim Tak Ada Perploncoan dalam MOS di Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 30-07-2015 | 09:16 WIB
muslim bidin - batik.jpg Honda-Batam
Kepala. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin mengklaim bahwa pada Masa Orientasi Siswa (MOS) tingkat SLTA di Batam tahun ini tidak lagi ditemukan praktik perploncoan.

Muslim menjelaskan pihaknya tidak mendapatkan laporan praktik perploncoan selama MOS yang sudah dilaksanakan selama tiga hari di sekolah negeri maupun swasta di Batam. 

"Memang ada yang SMS saya suruh bawa lontong, tapi ya menurut saya tidak masalah. Kan itu untuk makan anak-anak itu," kata Muslim, Kamis (30/72015) pagi.

Ia juga mengatakan bahwa pada MOS tahun ini pihak nya menginstruksikan agar diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti pelatihan baris berbaris dan sesuai surat edaran Menteri Pendidikan.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengeluarkan Surat Edaran untuk mencegah praktik perpeloncoan, pelecehan, dan kekerasan pada masa orientasi peserta didik baru di sekolah. 

Surat edaran dengan nomor 59389/MPK/PD/Tahun 2015 tersebut dikeluarkan pada 24 Juli 2015 lalu yang ditujukan kepada Gubernur, Bupati, dan Wali Kota seluruh Indonesia.

Kepala daerah diminta agar menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk mengantisipasi dan memastikan bahwa dalam pelaksanaan orientasi peserta didik baru tidak ada praktik dan atau menjurus pada praktik perploncoan, pelecehan, kekerasan terhadap peserta didik baru baik secara fisik, maupun psikologis yang dilakukan di dalam dan luar sekolah.

Editor: Dodo