Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dam Seiharapan Tak Beroperasi Lagi

Debit Air Dam di Batam Menyusut Akibat Kemarau, Pelanggan Diminta Berhemat
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 29-07-2015 | 14:52 WIB
dam seiharapan _net.jpg Honda-Batam
Dam Seiharapan, Sekupang. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Debit air di dam yang ada di Batam semakin berkurang. Hal ini menyebabkan ketersediaan air untuk masyarakat terus menyusut.

Corporate Communication Manager PT Adhya Tirta Batam (ATB), Enrico Moreno Ginting, menjelaskan, berkurangnya volume air itu akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Bahkan akibat musim kemarau tersebut sempat membuat dam Nongsa sempat tidak berfungsi.

"Dam Nongsa sempat surut dan dihidupmatikan. Untuk saat ini sudah bisalah," kata Enrico, Rabu, (29/7/2015).

Kondisi hampir sama terjadi di dam Seiharapan, Sekupang. Berdasarkan data bulan sebelumnya, dan Seiharapan ini tidak bisa digunakan lagi dalam waktu tiga bulan. "Itu dengan perkiraan tidak ada hujan. Kalau saat ini, kami belum memiliki data terakhir," ujarnya.

Meskipun begitu, pihaknya terus berupaya mengalirkan air bersih ke rumah-rumah pelanggan. ATB menyambung pipa interkoneksi ke setiap sudut kota sehingga warga tidak akan bergantung pada satu dam terdekat.

Misalkan, saat dam di Nongsa tidak berfungsi, maka air dialirkan dari dam Duriangkang. "Sejak dam itu tidak dioperasikan lagi, maka ATB menyambung aliran air dari dam Duriangkang," jelasnya.

Ia berharap agar pelanggan menggunakan air dengan bijaksana agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Batam. (*)

Editor: Roelan