Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seluruh Pimpinan Parpol Sepakat Pilkada Serentak 9 Desember
Oleh : Redaksi
Selasa | 14-07-2015 | 12:03 WIB
ilustrasi pilkada.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Seluruh pimpinan partai politik (parpol) telah sepakat bahwa pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak dilaksanakan pada 9 Desember 2015. Kesepakatan itu mengemuka saat pertemuan para pimpinan parpol dengan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di rumah dinasnya Jalan Dipenogoro, Menteng, Jakarta, Senin (13/7/2015) malam.

"Bila ada masalah-masalah teknis yang timbul akan diselesaikan oleh pemerintah, dan Komisi Pemilhan Umum (KPU) akan memberikan regulasi-regulasi yang baik sehingga pilkada tersebut dapat berlangsung dengan aman dan demokratis," kata Jusuf Kalla dalam keterangannya kepada wartawan usai pertemuan.

Mengenai dua parpol yang masih belum selesai kepengurusannya, yaitu Partai Golkar dan PPP, Kalla mengatakan  bahwa pimpinan masing-masing pihak dari kedua parpol itu juga telah sepakat untuk mendaftarkan calon yang sama.

"Mereka mendaftar secara terpisah kepada KPU masing-masing daerah dengan cara yang sama dan terkoordinasi, sehingga calon tersebut dianggap sah," terang Kalla seperti dikutip dari laman Sekretaris Kabinet.

Kalla menegaskan, pemerintah tetap mendukung sepenuhnya agar KPU dapat melaksanakan pilkada serentak sebaik-baiknya secara demokratis dan kuat. "Itulah yang kita putuskan malam ini, dan hal-hal tersebut dinotulenkan dan ditandatangani agar dilaksanakan sebaik-baiknya hal hal tersebut," ujarnya. (*)

Editor: Roelan