Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Paripurna DPR Setujui Usulan Program Dana Aspirasi
Oleh : Surya
Kamis | 02-07-2015 | 09:44 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Rapat Paripurna DPR yang dipimpin Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan pada Rabu (1/7/2015), akhirnya sepakat menyetujui usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) atau Dana Aspirasi.


Dari sepuluh fraksi di DPR, sebanyak 6 fraksi menyampaikan usulannya, satu fraksi yakni Fraksi Partai Demokrat menunda atau belum membacakan usulan, sementara 3 fraksi yaitu (PDIP, Nasdem dan Hanura) tetap konsisten menolak dan tidak ikut bertanggungjawab atas usulan UP2DP tersebut.
 
Dalam acara yang juga dihadiri Menteri Keuangan Bambang Sumantri Brodjonegoro dan jajarannya tersebut, sebelum fraksi-fraksi membacakan usulannya para anggota Fraksi Partai Nasdem keluar ruangan (walk out) dan menyatakan tidak ikut bertanggungjawab atas UP2DP tersebut.
 
Melalui Ketua Fraksi Nasdem, Johnny G. Plate menyatakan sebagai sikap sebelumnya fraksinya tetap tidak setuju terhadap UP2DP tersebut dan menyatakan akan meninggalkan ruangan Rapat Paripurna. Akhirnya seluruh anggota Fraksi Nasdem meninggalkan ruang rapat.
 
Dari usulan UP2DP enam fraksi yakni FPG, F-Gerindra, FPAN, FPKS, FPKB, dan FPP membacakan usulannya lewat jubir fraksi masing-masing, sementara Fraksi Partai Demokrat masih menunda pembacaan usulannya.
 
Pada dasarnya mereka sepakat bahwa pengajuan usulan program pembangunan Dapil adalah merupakan kewajiban DPR sebagaimana diatur dalam UU No.17 tentang MD3 untuk memperjuangkan dan menampung serta menindaklanjuti aspirasi rakyat.  Selain itu anggota
Dewan memiliki hak untuk mengusulkan program pembangunan daerah pemilihan yang selama ini belum terakomodir dalam program-program pembangunan yang ada.
 
“Usulan Program pembangunan Dapil merupakan terobosan penting dalam rangka akselerasi pemerataan pembangunan di pelosok-pelosok tanah air,” jelas jubir FPG M.Misbakhun.

Editor: Surya