Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan Tubuh
Oleh : Magid
Kamis | 14-07-2011 | 08:58 WIB

LONDON, batamtoday - Kebiasaan sarapan tiap pagi ternyata memiliki manfaat yang sangat positif. Berdasarkan penelitian dokter di Inggris, kebiasaan sarapan di pagi hari menjauhkan kita dari kemungkinan obesitas, diabetes bahkan serangan jantung.

Para peneliti percaya bahwa sarapan di pagi hari bisa membantu menstabilkan kadar gula darah, serta mengatur nafsu makan juga kebutuhan energi.

Dikatakan Dr Pereira, orang yang memiliki kebiasaan sarapan pagi, tentu tidak akan merasa lapar pada hingga siang hari, sehingga suply energi juga berjalan sebagaimana dibutuhkan. Berbeda dengan mereka yang tidak sarapan, akan merasa lemas, kurang bergairah, bahkan mengantuk.

"Hasil penelitian kami menunjukan sarapan yang benar-benar dapat makan yang paling penting saat ini," kata Dr Periera, dikutip dari laman Journal of Healt, Kamis, 14 Juli 2011.

Lebih lanjut Dr Pereira menegaskan, menu sarapan pagi yang paling baik adalah sereal gandum. Jika sebagian masyarakat awam mengatakan sarapan akan membuat kegemukan, fakta penelitian justru berkata sebaliknya.

"Salah jika beranggapan sarapan dapat sebabkan obesitas, justru hasil penelitian menemukan orang yang memiliki kebiasaan sarapan akan terhindar dari kegemukan, karena konsumsi makanan menjelang siang hari menjadi sedikit, bahkan keuntungan lainya adalah terhindar dari penyakit diabetes karena sarapan pagi dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh," jelasnya.