Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pesawat Hercules TNI AU Jatuh di Medan
Oleh : Redaksi
Selasa | 30-06-2015 | 13:40 WIB
hercules_jatuh_di_medan_viva.jpg Honda-Batam

PKP Developer

(Foto: VIVA.co.id)

BATAMTODAY.COM - Pesawat Hercules milik TNI AU jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6/ 2015). Pesawat C130 yang terbang dari Medan rencananya akan mendarat di beberapa lokasi.

Belum diketahui korban jiwa atas kejadian ini. Menurut informasi, pesawat jatuh di pemukiman penduduk. Sejumlah tim evakuasi sudah menuju lokasi kecelakaan pesawat.

"Tim tambahan sudah menuju ke sana dan melakukan evakuasi," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Madya Dwi Badarmanto kepada VIVA.co.id

Dwi Badarmanto belum bisa memastikan berapa orang yang ada di pesawat tersebut. Namun menunut informasi awal, pesawat itu diterbangkan Kapten Penerbang Sandi.

Pesawat ini terbang untuk melakukan misi pengangkutan logistik. "Melaksanakan operasi Penerbangan Angkutan Udara Militer (PAUM) untuk mengantar logistik," ujar Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Agus Supriatna.
 
Agus Supriatna mengatakan, dipastikan ada kerusakan sebelum pesawat jatuh. Sebelum sempat menghujam tanah, pilot minta kembali ke pangkalan.

"Diduga kuat karena ada kerusakan. Ini bisa kita buktikan karena pilot minta kembali atau return to base. Pesawat jatuh saat akan berbelok ke kanan," katanya menambahkan.

Dari pantauan di lokasi, hanya bagian ekor pesawat yang masih terlihat. Sementara, badan pesawat terlihat hancur dan terbakar. Terdengar ledakan hebat saat pesawat jatuh. Dari data sementara, tiga ruko dan satu mobil hancur.

Hingga kini belum diketahui berapa korban jiwa akibat kejadian ini. Namun, sejumlah warga yang mengalami luka-luka telah dibawa ke Rumah Sakit Adam Malik, Medan.

Hingga kini, petugas pemadam kebaran masih berupaya untuk melakuan pemadaman di bangunan-bangunan milik warga yang terbakar karena tertimpa pesawat. Lebih dari 10 mobil pemadam kebakaran sudah berada di lokasi kejadian.

Sumber: VIVA.co.id