Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komisi III DPRD Lingga Minta Sekolah Bantu Calon Siswa Tak Mampu
Oleh : Nursali
Senin | 29-06-2015 | 08:19 WIB
norden_komisi_iii_dprd_lingga.jpg Honda-Batam
Nurdin, Ketua Komisi III DPRD Lingga.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Lingga, Nurdin, meminta agar sekolah bisa memberikan keringanan biaya pendidikan calon siswa dari keluarga tak mampu. Menurutnya, wajar jika sejumlah orang tua mengeluh mengenai mahalnya biaya pendidikan mengingat kondisi perekonomian Kabupaten Lingga sedang terpuruk.

"Sekarang ini, harus kita maklumi kondisi ekonomi kita sangat tidak baik, di mana-mana harga barang tinggi. Jadi, setidaknya berilah keringanan kepada wali murid," kata Nurdin BATAMTODAY.COM, belum lama ini.

Harapan ini disampaikan Nurdin menanggapi keluhan sejumlah orang tua yang merasa terbebani dengan biaya pendidikan anaknya yang mendaftar sekolah. (Baca: Kondisi Perekonomian Lingga Terpuruk, Biaya Pendidikan Terasa Mahal).

"Kita meminta kepada semua sekolah di Kabupaten Lingga khususnya SMP dan SMA sederajat agar tidak terlalu menekan wali murid. Kita minta ada solusi terbaik. Selain itu, SKPD terkait juga diharapkan memberikan edaran agar ada keseragaman biaya masuk sekolah, khususnya yang menyangkut biaya-biaya seragam dan biaya administrasi lainnya," katanya.

"Diusahakanlah agar biaya masuk tersebut dapat dicicil tiga sampai empat kali," imbuhnya.

Dia menegaskan, Komisi III juga mengupayakan beberapa program pendidikan untuk meringankan beban wali murid agar tidak ada masyarakat yang tidak melanjutkan pendidikan, khususnya bagi mereka yang kurang mampu. Salah satunya adalah dengan mencarikan solusi-solusi terbaik dengan menyarankan agar sekolah mencari orang tua asuh untuk meringankan beban sekolah dan melakukan terobosan lainnya dengan mengurangi pembiayaan yang dianggap tidak terlalu penting.  (*)

Editor: Roelan