Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Patroli Koarmabar Tangkap Kapal Pengangkut Imigran Asal Somalia
Oleh : Redaksi
Jum'at | 26-06-2015 | 17:15 WIB
KRI_Pati_Unus.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi patroli TNI AL. (Foto: Koarmabar TNI AL)

BATAMTODAY.COM - Unsur Patroli Keamanan Laut (Patkamla) II-I-47/SSG Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Asahan (TBA) salah satu pangkalan di bawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menangkap kapal jenis pompong tanpa nama mengangkut imigran gelap asal Somalia di Perairan Tanjung Jumpul, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Jumat (26/6/2015).

Siaran pers Dinas Penerangan Koarmabar yang diterima BATAMTODAY.COM menyatakan kapal pembawa imigran gelap tersebut berhasil diamankan Patkamla II-I-47/SSG saat sedang melakukan patroli rutin.

Ketika mereka tengah berpatroli di daerah sekitar 6 mil dari Kuala Bagan Asahan, pada posisi 03. 02. 923 Lintang Utara dan 099. 53. 637 Bujur Timur terlihat secara visual kapal yang gerak-geriknya mencurigakan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, dikatahui kapal tersebut ternyata mengangkut 17 orang penumpang terdiri dari 12 orang imigran gelap asal Somalia dan 5 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal.

Menurut Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Edward H Sibuea, mereka diduga berangkat dari Malaysia dan berlayar sampai di perairan perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Selanjutnya para penumpang tersebut ditransfer ke kapal ikan dan berlayar menuju Tanjung Balai Asahan. Saat kapal tersebut tiba di sekitar Perairan Tanjung Jumpul, mereka berhasil diamakan oleh Patkamla II-I-47/SSG.

Guna proses pemeriksaan lebih lanjut kapal pompong berpenumpang 12 imigran Somalia yang terdiri dari 6 laki-laki 3 perempuan serta 3 anak-anak serta 5 orang TKI ilegal yang terdiri dari 4 laki-laki dan 1 perempuan diamankan di Posal Bagan Asahan, Sumatera Utara.

Editor: Dodo