Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tekan Harga Kebutuhan Pokok, DPRD Batam Desak Disperindag Operasi Pasar
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 23-06-2015 | 16:11 WIB
pasar sayur kud.jpg Honda-Batam
Aktivitas di pasar tradisional. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam mendesak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) segera melakukan operasi pasar untuk menekan harga bahan pokok yang terus merangkak naik.

Anggota Komisi II DPRD Batam, Aman, mengatakan, harga kebutuhan pokok di pasar diperkirakan akan terus mengalami kenaikan hingga Idul Fitri, terutama harga daging dan beras yang mencapai 30 persen. Padahal, permintaan konsumen di bulan puasa menurun.

"Permintaan selama bulan puasa menurun, tapi kenapa harga terus naik?" ujar Aman, Selasa (23/6/2015).

Untuk itu, ia meminta agar Disperindag segera melakukan operasi pasar untuk mencari tahu penyebab kenaikan harga. "Informasi dari Disperindag stok sembako aman. Tapi harga kenapa naik? Makanya Disperindag segera ke lapangan, jangan hanya bilang mau operasi pasar," harapnya.

Sementara dikonfirmasi terpisah, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kota Batam, Wan Muhammad Zain, mengatakan, pihaknya telah melakukan operasi pasar yang dilakukan secara bertahap. Berdasarkan hasil operasi pasar di Batumerah hari ini, imbuh Zain, diketahui harga bahan pokok seperti beras 10 kilogram merek bola dunia sebesar Rp89.000, gula pasir Rp7.000 per kg, minyak goreng dua liter merek Avena Rp8.500 dan tepung terigu Rp7.000 per kg.

"Kita hari ini operasi pertama di pasar Batumerah, berikutnya di Sagulung, Batam Kota dan lainnya," jelasnya.

Ia mengimbau kepada pengusaha untuk tak menaikkan harga di luar batas kewajaran. Pihaknya juga akan memberikan teguran bagi pengusaha yang menaikkan harga terlalu tinggi. (*)

Editor: Roelan