Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selain Demo Buruh, Pengusaha di Batam Juga Cemaskan Ruli
Oleh : Ahmad Romadi
Selasa | 23-06-2015 | 15:28 WIB
2015-06-23 16.00.59.jpg Honda-Batam
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Widodo serta sejumlah Menteri Kabinet Kerja saat berkunjung ke Batam, Minggu (22/6/2015).

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengusaha di Batam tak hanya mengeluhkan aksi unjuk rasa para buruh kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang berkunjung ke Batam, Minggu (22/6/2015). Pengusaha juga menyampaikan pembiaran pembangunan rumah liar (liar) yang sudah mencemaskan.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepulauan Riau, Cahya, saat curhat kepada Presiden Jokowi, mengeluhkan soal kepastian hukum terkait pengelolaan lahan di Batam. Dia memaparkan, banyak lahan di Batam yang sah milik pengusaha, tapi sering diserobot oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendirikan bangunan ruli.

"Kalau kita larang, kita dibawakan parang, Pak," kata Cahya mengadu ke Presiden Jokowi.

Alhasil, imbuh Cahya, akibat tindakan sekelompok orang serta tidak adanya kepastian hukum, telah meresahkan para pengusaha untuk membangun dan mengembangkan usahannya di Batam.

Menanggapi keluhan tersebut, Jokowi mengatakan hal itu sebagai masukan untuk pemerintah. Karena, permasalahan yang sama tidak hanya terjadi di Batam, tetapi juga di daerah-daerah lain. (*)

Editor: Roelan