Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Lingga Diminta Segera Sosialisasikan PKPU tentang Pilkada
Oleh : Nurjali
Sabtu | 20-06-2015 | 13:50 WIB
ilustrasi_pilkada.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Lingga meminta KPU Kabupaten Lingga untuk segera mensosialisasikan sejumlah Peraturan KPU (PKPU) tentang pilkada yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang. Hal ini dikarenakan beberapa daerah kabupaten/kota lainnya sudah mensosialisasikan PKPU tersebut.

"Kabupaten/kota lainnya sudah mensosialisasikan PKPU-PKPU tersebut, sementara KPU Kabupaten Lingga belum juga menyampaikan kapan akan mensosialisasikannya. Kita minta hal ini segera disosialisasikan karena ini penting untuk langkah partai politik mempersiapkan diri pendaftaran calonnya," kata Ahmad Nasirudin, Sekretaris Tim Penjaringan Kepala Daerah Partai Nasdem Kabupaten Lingga, Sabtu (20/6/2015).

Menurutnya, sosialisasi tentang PKPU ini sangat penting dilakukan untuk partai politik. Hal ini agar saat pelaksanaan di lapangan nanti tidak ada calon yang melanggar aturan yang telah ditetapkan. Pengawasan tentang keberhasilan pilkada nanti tidak saja diawasi oleh penyelenggara pemilu namun semua komponen dapat ikut mengawasi.

"Sosialisasi tentang PKPU itu sangat penting meskipun naskahnya bisa kita download dari situs resmi KPU. Tapi penjelasan dari KPU kabupaten secara langsung itu juga sangat penting. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman dalam pelaksanaan pilkada nanti," katanya.

Sementara itu Komisisioner KPU Lingga Divisi Sosialisasi, Juliati, saat dikonfirmasi mengatakan, sosialisasi tersebut akan tetap dilaksanakan meskipun belum ada tanggal pasti pelaksanaannya. Namun dirinya memastikan bahwa sosialisasi tersebut akan dilaksanakan pada bulan puasa ini juga.

Menurutnya, keterlambatan dalam sosialisasi kepada partai politik ini dilaksanakan karena KPU Lingga masih menunggu tahapan pendaftaran calon independen selesai. "Kemarin kita masih menunggu tahapan pendaftaran calon independen selesai. Tapi karena tidak ada calon dari Jalur independen yang mendaftar, maka kita sekarang fokus ke calon dari partai politik," kata Juliati. (*)

Editor: Roelan