Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perompak Bawa Kabur Tanker Berbendera Malaysia ke Natuna
Oleh : Redaksi
Jum'at | 19-06-2015 | 14:33 WIB
tanker_orkim_harmony.jpg Honda-Batam
Tanker Orkim Harmony yang dibajak. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Tanker berbendera Malaysia, MT Orkim Harmony, dilaporkan telah dibawa kabur oleh pembajak menuju ke wilayah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Bahkan, para perompak juga meminta sebuah kapal ketika mereka sampai di Natuna.

"Proses rundingan masih berjalan. Jika sampai di Pulau Natuna, mereka minta disediakan sebuah kapal untuk kabur, sementara pihak TLDM (Tentera Laut Diraja Malaysia) masih mengiringi tanker itu menuju ke sana," kata Panglima Wilayah Laut 1 TLDM, Laksamana Muda Azahari Abdul Rashid, seperti dilansir Bernama.

Tanker itu juga diperkirakan sampai ke Natuna pada Sabtu pagi. TDLM juga telah berkoordinasi dengan otoritas maritim di Indonesia.

Malaysia masih berusaha melakukan perundingan dengan para perompak agar mereka menyerahkan diri. Selain itu, penyelamatan sandera yang merupakan kru kapal--16 warga negara Malaysia, lima orang WNI, dan seorang warga negara Myanmar--merupakan prioritas. Puluhan kru kapal itu turut disandera oleh para perompak yang diperkirakan bersenjatakan pistol dan parang.

MT Orkim Harmony, tanker milik Magna Meridian Sdn Bhd yang membawa 6,000 metrik ton bensin senilai RM21 juta itu dilaporkan hilang sejak Kamis (11/6/2015) lalu ketika dalam perjalanan dari Melaka ke Pelabuhan Kuantan, Pahang. Tanker itu dipastikan telah ditemukan semalam setelah lambung kapal itu dicat ulang dan nama kapal berganti menjadi "Kim Harmon". (*)

Editor: Roelan