Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PPDB SMP dan SMA di Batam Dibuka Mulai 22 - 25 Juni
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 17-06-2015 | 12:12 WIB
Andi-Agung-disdik.jpg Honda-Batam
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Andi Agung.

BATAMTODAY.COM, Batam - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMP dan SMA di Batam akan dibuka mulai 22 hingga 25 Juni 2015 mendatang. Hak ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Andi Agung, Rabu (17/6/2015).

"Baik sistem online dan non online dibuka pada 22 sampai 25 Juni," ujar Andi kepada BATAMTODAY.COM.

Andi menjelaskan untuk syaratnya hampir sama seperti tahun lalu, yaitu berdasarkan rangking, dimana nilai yang paling tinggi akan diurut hingga nilai terendah.

"20 persen calon siswa yang tinggal di sekolah tersebut tetap menjadi prioritas. Karena itu sudah ketentuannya," katanya.

PPDB untuk SMA, kata Andi, berbeda dengan SMK dimana bagi calon siswa yang hendak masuk nilai per mata pelajarannya harus memiliki standar seperi Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris.

"Yang nilainya tertinggi permata pelajaranya pasti akan diterima," ujarnya.

Sementara itu daya tampung perkelasnya sesuai peraturan Kemendikbud minimal untuk SMP dan SMA sederajat yakni minimal 32 siswa dan maksimal 36 siswa.  

"Imbauannya bagi siswa yang tidak masuk di sekolah negeri bisa dapat bersekolah di swasta karena tidak jauh berbeda kualitasnya," pungkasnya.

Editor: Dodo