Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Ini Diresmikan, Pabrik Samsung di Indonesia Bisa Produksi 1-1,5 Juta Unit Ponsel dan Tablet
Oleh : Redaksi
Selasa | 16-06-2015 | 16:04 WIB
samsung-logo.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Bekasi - Pabrik telepon seluler (ponsel) PT Samung Electronic Indonesia telah diresmikan oleh Menteri Perindustrian, Saleh Husin, Selasa (16/6/2015). Pabrik yang terletak di Kawasan Industri EJIP Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, itu bisa memproduksi 1-1,5 juta unit per bulan.

Selain itu, pabrik yang dibangun melalui investasi sebesar USD23 juta itu akan memproduksi smartphone, feature phone dan komputer tablet. Pabrik itu menempati kawasan seluas 6.000 meter persegi dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 972 orang.

Saleh Husin, saat meresmikan pabrik tersebut mengatakan, pemerintah akan terus menciptakan iklim usaha yang kondusif sehingga dapat mendukung berkembangnya industri telepon seluler (ponsel) di Indonesia. "Selain itu kami juga memberikan berbagai kemudahan dan insentif berupa pengurangan pajak maupun bea masuk yang ditanggung pemerintah," kata Saleh.

Saleh berharap, dengan beroperasinya pabrik tersebut, PT Samsung Electronics Indonesia dapat terus menjadikan Indonesia sebagai basis produksi baik untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri maupun ekspor.

"Kesungguhan PT Samsung Electronics Indonesia dalam mengembangkan telepon seluler di Indonesia diharapkan akan terus berlanjut, dimana pada tahapan awal ini yaitu proses perakitan dalam bentuk semi knock down (SKD), akan berlanjut dalam bentuk completely knock down (CKD) dan juga bentuk surface mount technology (SMT)," harap Saleh. (*)

Editor: Roelan