Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPR segera Proses Pencalonan Sutiyoso sebagai Kepala BIN
Oleh : Surya
Jum'at | 12-06-2015 | 12:25 WIB
2015-06-12 12.39.16.jpg Honda-Batam
Letjen Pur Sutiyoso

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) siap memproses pencalonan KaBIN yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun KaBIN yang baru nanti jangan sampai kecolongan  terhadap munculnya gerakan-gerakan dari kelompok yang mengancam disintegrasi bangsa. 

“Siapapun yang ditunjuk oleh Presiden RI itu merupakan kewenangannya. Hanya saja selama ini banyak terjadi kecolongan; dari kasus bom Bali I dan II, deklarasi ISIS di Bundaran Hotel Indonesia (HI), tapi negara membiarkan itu,'' kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Helmy Faisal Zaini dalam dialektika demokrasi “BIN dan Pertahanan Nasional” bersama mantan Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso dan pengamat intelejen Yusuf Warsim di Gedung DPR RI Jakarta, Jumat (12/6/2015).

Mantan Menteri Pembangunan Daerah Teringgal ini mengingatkan Presiden adanya ancaman global yang sangat berbahaya bagi kelangsungan bangsa dan bernegara. Sehingga dalam memilih KaBIN itu adalah figur yang mempunyai kepekaan luar bisa terhadap pesoalan negara.

“Kalau ada 1.000 masalah, maka semuanya harus bisa diidentifikasi oleh KaBIN. Seperti halnya CIA Amerika Serikat. Karena itu kalau Pak Sutiyoso benar-benar akan menjadi KaBIN, maka harus diimbangi oleh Wakil Ketua BIN (WakaBIN) dalam menjalankan tugas-tugasnya, mengingat tantangannya sangat kompleks, rumit dan besar,” tegas Helmy. 

Sementara itu, Priyo Budi Santoso mengapresiasi penunjukan Sutiyoso sebagai calon KaBIN. Priyo menilai mantan Pangdam Jaya dan juga mantan Gubernur DKI dua periode itu adalah sosok yang mumpuni.

''Satu-satunya kelemahan Sutiyoso ini dia sudah berumur 70 tahun dan dia punya masalah yang hingga kini belum terselesaikan yaitu kasus penyerbuan kantor DPP PDI pada 1996 saat dia menjadi Pangdam Jaya,'' katra Priyo. 

Namun begitu Politisi Golkar ini berharap jika Sutiyoso terpilih sebagai KaBIN, dia mampu mempetakan berbagai aspek tantangan kewilayahan.

Editor: Surya