Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Album Terbaru Gigi Tanpa Dewa Budjana
Oleh : Redaksi
Jum'at | 12-06-2015 | 10:32 WIB
armand_maulana_kompas.JPG Honda-Batam
Armand Maulana, vokalis GIGI. (Foto: kompas.com)

BATAMTODAY.COM - Gigi telah merilis sebuah album religius yang berjudul Mohon Ampun di Jakarta, pada Rabu (10/6/2015) kemarin. Album yang berisi lagu-lagu lawas dan aransemen ulang lagu musisi senior ini diluncurkan lewat label Music Factory Indonesia dan perusahaan waralaba KFC Indonesia.

"Kami ingin mengembalikan lagi atmosfer sewaktu kecil mendengarkan lagu-lagu religius, seperti Bimbo," ungkap Armand Maulana, vokalis Gigi, dilansir Rolling Stone. Gigi kembali merilis album bernuansakan agama setelah dua tahun absen merilis album.

Uniknya, perilisan album terbaru Gigi kali ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah terbentuknya band ini, tidak melibatkan gitaris Dewa Budjana. Pria asal Bali tersebut juga tidak hadir dalam sesi jumpa pers peluncuran album Mohon Ampun. Saat proses rekaman yang memakan waktu 10 hari, Denny Chasmala menjadi gitaris yang menggantikan peran Dewa Budjana.

"Saat proses rekaman album ini Budjana memang sedang di Amerika mengerjakan album solonya," jelas Armand. "Kebetulan hari ini dia juga sudah punya jadwal dan kami menghormatinya. Kalau ada Budjana di sini aneh juga karena dia tidak mengisi album ini."

Menampik rumor negatif yang berkembang karena minus partisipasi gitaris yang ikut mendirikan Gigi, Armand menyebutkan bahwa mereka akan segera melakukan konser dengan formasi penuh di Bandung pada 13 Juni dan Jakarta pada 15 Juni.

Gigi juga akan melakukan rangkaian konser bertajuk Ngabuburit 2015 yang akan dimulai di Garut pada 23 Juni dan akan berakhir di Karawang pada 10 Juli. Armand mengaku bahwa ketidakhadiran Budjana bukan sebuah rumor besar.

Pemain bas Thomas Ramdhan juga menjelaskan bahwa keabsenan Budjana tidak menjadi masalah yang besar dalam proses pengerjaan album. “Gue, Hendy, dan Armand bikin bagan karena lagunya tidak terlalu sulit. Semuanya sudah ada bagan, pola, aturannya jadi tidak terlalu sulit. Karena tidak sama Budjana, hasilnya pasti beda,” tutur Thomas.

Album Mohon Ampun, menurut drummer Gusti Hendy, tidak memakan waktu rekaman yang lama karena metode rekaman di rumah. Proses rekaman album hanya perlu waktu empat hari, sedangkan proses mixing materi-materi dalam albumnya dilakukan di Belanda.

Peluncuran album yang berisikan 10 lagu tersebut dilakukan secara bersamaan dengan album kompilasi bertitel Cahaya Bintang Ramadhan. Kompilasi tersebut berisikan musisi-musisi seperti Tompi, Afgan, Rossa, dan Ungu.

Sumber: Rolling Stone