Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Album Terakhir Led Zeppelin Dirilis Ulang Juli Mendatang
Oleh : Redaksi
Rabu | 10-06-2015 | 10:29 WIB
led_zeppelin_gi_bbc.jpg Honda-Batam
Led Zeppelin. (Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM - Tiga Album terakhir Led Zeppelin, Presence, In the Through the Out Door, dan Coda akan dirilis dalam sebuah versi yang telah melalui proses mastering ulang pada Juli mendatang. Jimmy Page diketahui telah melakukan proses pembaruan pada tiga album Zeppelin tersebut. Semuanya ini akan dirilis dalam format CD dengan tambahan beberapa lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya.

Untuk album Coda, rilisan ulangnya akan berisikan dua CD, termasuk 15 lagu yang direkam pada tahun 1968 hingga 1974, juga dengan tambahan dua lagu yang belum pernah dirilis. Sedangkan untuk album Presence akan berisikan lagu yang belum pernah diperdengarkan sebelumnya,“Pod”. In the Through the Out Door sendiri akan menampilkan rekaman-rekaman kasar mereka untuk lagu-lagu seperti “In the Evening dan “Hot Dog”.

Album ketujuh Led Zeppelin, Presence dirilis pada Maret 1976. Selanjutnya diikuti oleh In the Through the Out Door pada 1979, dan Coda pada 1982.

Ketika berbicara pada saat pemutaran album Physical Graffiti yang dirils ulang pada Februari lalu, Jimmy Page mengisyaratkan bahwa dirinya siap untuk kembali naik ke atas panggung.

“Semua kembali ketika saya mulai bermain gitar lagi dan harus menyesuaikan diri kembali, jadi untuk sementara waktu, saya sedang dalam sebuah proses untuk melakukan hal tersebut dan juga melakukan hal ini (merilis ulang ketiga album Zeppelin),” jelas Page seperti dilansir NME.

Dalam sebuah wawancara pada September 2014, Page merencanakan untuk membuat sebuah band baru. Ketika itu, ia mengatakan, “Jika saya bermain lagi, itu akan bersama para musisi yang mungkin belum diketahui oleh kalian. Saya memang belum berkumpul dengan mereka, tapi saya akan melakukan hal itu tahun depan. Saya akan memainkan materi-materi dari titik awal karir bermusik saya bersama The Yardbirds, namun juga akan ada beberapa materi baru di dalamnya.”

Sumber: Rolling Stone