Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kesehatan Sekolah Harus Jadi Prioritas Utama
Oleh : Khoiruddin Nasution
Sabtu | 06-06-2015 | 08:00 WIB
uks_karimun.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq, berfoto bersama pemenang sekolah sehat se-Kecamatan Tebing. (Foto: Khoiruddin Nasution/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kesehatan sekolah harus menjadi prioritas utama. Sebab, lingkungan sekolah yang sehat dan nyaman sangat menunjang produktivitas warga sekolah.

"Kesehatan sekolah menjadi proritas utama. Sekolah yang sehat membuat siswa-siswi menjadi nyaman," kata Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq, pada pelatihan kepala sekolah dan guru pembina usaha kesehatan sekolah (UKS) di Balai Haji Kecamatan Tebing, Jumat (5/6/2015).

Pelatihan itu sendiri bertujuan meningkatkan pengetahuan kesehatan pembina UKS agar dapat melestarikan kelangsungan program UKS dan dokter kecil yang telah berjalan di masing-masing sekolah.

Aunur mengharapkan, dengan adanya pelatihan ruang UKS yang memenuhi standar kelayakan pelayanan UKS, kemudian guru UKS dan kader kesehatan (dokter kecil/PMR), maka reaksi cepat tanggap dalam membantu memberikan pelayanan kesehatan di sekolah dapat terealisasi.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat terwujud pula sekolah sehat yang nantinya dapat memotivasi agar dapat mempertahankan lingkungan sekolah dan derajat masyarakat kesehatan sekolah," ujarnya.

Sementara itu ketua panitia pelaksana, Sugiono, menyebut, kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti 55 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan pembina UKS SD, SMP serta SMA negeri maupun swasta se-Kecamatan Tebing.

Dijelaskan, tujuan dilaksanakan pelatihan itu untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan pembina UKS agar dapat melestarikan kelangsungan program UKS dan dokter kecil yang telah berjalan di masing-masing sekolah.

"Tujuan lainnya yakni membina komunikasi yang berkesinambungan antara masyarakat sekolah dengan petugas kesehatan setempat serta dalam rangka menciptakan lingkungan dan masyarakat sekolah yang sehat serta berkualitas," ujarnya.

Pada kesempatan ini juga diumumkan pemenang lomba sekolah sehat negeri dan swasta se-Kecamatan Tebing yang sudah dilaksanakan tiga bulan lalu. Untuk tingkat TK juara I diraih TK IT Cindekia, juara II TKS Imanuel, juara III TKS Mekarsari.

Tingkat SD juara I SDN 005 Tebing, juara II SDS IT Cendekia, juara III SDN 006 Tebing. Tingkat SMP juara I SMPN 3 Tebing, juara II SMPN 2 Tebing, juara III SMPN 1 Tebing. Kemudian tingkat SMA juara I SMAN 4 Tebing, juara II MAN Karimun dan juara III SMAN 1 Karimun. (*)

Editor: Roelan