Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Jamin Stok Kebutuhan Pokok Cukup Selama Puasa dan Lebaran
Oleh : Redaksi
Kamis | 04-06-2015 | 13:14 WIB
ilustrasi_pedagang_sembako.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah menjamin stok kebutuhan pokok jelang dan selama bulan puasa serta Lebaran sudah mencukupi. Pemerintah juga siap mengimpor barang kebutuhan pokok seperti cabai dan bawang merah untuk mengendalikan harganya di pasaran.

"Memang di beberapa daerah ada yang naik dan ada yang turun. Ini sudah kita pantau. Pemerintah sudah melakukan koordinasi dengan para asosiasi-asosiasi. Baik itu asosiasi gula, makanan minuman dan asosiasi tepung dan lain semuanya dan bahkan beberapa jenis produk memang sudah turun," terang Menteri Perdagangan RI, Rahmat Gobel, usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden di Istana Negara, Rabu (3/6/2015) malam.

Sementara itu, Rahmat mengaku ada kenaikan harga bawang dan cabai. Tetapi ia menegaskan, bahwa pemerintah siap melakukan impor untuk mengendalikan naiknya harga cabai dan harga bawang merah tersebut.

"Memang ada produksi sudah panen, tetapi panennya ini belum bisa memenuhi kebutuhan pasar seluruh Indonesia," kata Rahmat seperti dilansir dalam laman Sekretaris Kabinet.

Sementara itu Menko Perekonomian RI, Sofyan Djalil, mengakui, Presiden telah berpesan agar masalah pangan harus terjamin kesediannya dan harga yang terjangkau serta terkontrol. Detilnya, lanjut Sofyan, adalah bagaimana procurement Bulog sampai hari ini tentang beras yang berhasil dikumpulkannya.

Ia menyebutkan, sesuai laporan Bulog, Bulog telah berhasil mengumpulkan, membeli sampai dengan hari ini 1.159,000 ton beras kontrak. "Artinya Bulog masih terus melakukan pembelian, on to cadangan Bulog. Cadangan Bulog aman sampai dengan enam bulan ke depan," papar Sofyan.

Menurut Sofyan, yang paling penting adalah barang-barang utama ini yang harus dijaga selam bulan puasa dan lebaran. "Beras, gula, tepung terigu, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur. Ini semua harus dijaga supaya barangnya tersedia dan harganya terjangkau," tegasnya. (*)

Editor: Roelan