Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tuntut Dana Pensiun, Besok FSPMI Geruduk Kantor Wali Kota Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Selasa | 02-06-2015 | 15:14 WIB
suprapto-spmi-baru.jpg Honda-Batam
Sekretaris Konsulat Cabang (KC) FSPMI Batam, Suprapto.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekitar tiga ribu buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam direncanakan akan turun menggelar aksi damai di depan kantor Wali Kota Batam, besok Rabu (3/6/2016).

Sekretaris Konsulat Cabang (KC) FSPMI Batam, Suprapto, menjelaskan aksi ini dilakukan menuntut jaminan dana pensiun tetap berlaku pada 1 Juli 2015 sesuai dengan amanah Undang-Undang No. 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Selain itu kami juga menginginkan iuran dana pensiun itu sebesar 10 sampai 20 persen, sehingga nanti ketika pensiun kami meminta 60 sampai 70 persen dari gaji terakhir kita," kata Suprapto, Selasa (2/6/2015).

Tuntutan lainnya, Suprapto katakan buruh menolak usulan Apindo yang mengusulkan iuran hanya sebesar 1,5 persen karena menurutnya tidak ada dasarnya sama sekali dan tidak akan memberikan manfaat bagi buruh.

Suprapto juga menjelaskan aksi ini akan dilakukan secara maraton di seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dimana FSPMI juga masuk di dalamnya.

"Kepri dapat jatah (demo) tanggal 3 besok, di Jawa Timur tanggal 5, Sumatera Utara tanggal 9, Jawa Tengah tanggal 10, dan Jabodetabek tanggal 16-17 Juni mendatang," jelasnya.

Editor: Dodo