Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nyalon Bupati dari Jalur Independen di Anambas Cukup Kumpulkan 4.100 Suara
Oleh : Nursali
Kamis | 28-05-2015 | 18:13 WIB
ilustrasi_pilkada.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Jumlah dukungan minimal yang harus dikumpulkan calon independen agar bisa mendaftar sebagai Bupati Kepulauan Anambas, terbilang kecil. Mengingat populasi penduduknya juga paling kecil di Provinsi Kepulauan Riau, jumlah suara yang harus dikumpulkan hanya 4.100 suara.

"Sesuai dengan surat dari Kemendagri, untuk Kabupaten Kepulauan Anambas yang disesuaikan dengan jumlah penduduk yang berjumlah 41 ribu, maka sarat dukungan adalah 10 persen atau 4.100 orang bagi calon independen," kata Jufri Budi, Divisi Teknis Penyelenggara dan Hubungan Partisipasi Masyarakat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Anambas, kepada pewarta di Tarempa, Kamis (28/5/2015) siang.

Dijelaskan, penetapan perolehan suara tersebut mengacu pada surat yang dikeluarkan oleh Kemendagri meskipun data yang diperoleh oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil jumlah penduduk Anambas mencapai 47 ribu jiwa, pihaknya tetap berpegang pada surat edaran dari kementrian tersebut. "Suratnya sudah kita peroleh dan itu yang kita laksanakan," katanya.

Jufri juga menambahkan, bagi calon independen yang akan maju dalam pilkada Kabupaten Kepulauan Anambas sudah disampaikan kepada khalayak ramai dengan menempatkan beberapa titik pengumuman di keramaian serta melalui media massa. Menurutnya, dari jumlah penduduk jika ada calon yang maju akan dilakukan evaluasi untuk menentukan apakah dukungan tersebut benar-benar ril atau tidak.

Bentuk dukungannya pun akan dibuktikan dengan pengumpulan kartu tanda penduduk (KTP) dan calon tersebut juga akan membuat surat pernyataan jika dukungan tersebut memang benar. Nanti, jika ditemukan saat evaluasi yang menyatakan tidak mendukung maka KPU akan memberikan waktu kepada calon untuk memperbaikinya.

"KPU Anambas bisa memanggil pendukung yang disampaikan oleh calon atau KPU langsung terjun ke lapangan," katanya. (*)

Editor: Roelan