Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggaran Belum Turun, Panitia Tetap Lanjutkan Tahapan Pilkades di Lingga
Oleh : Nur Jali
Rabu | 27-05-2015 | 14:12 WIB
pilkades-marok.jpg Honda-Batam
Camat Singkep Selatan bersama panitia pilkades, saat pencabutan undian nomor urut calon kepala desa Marok Kecil.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Meskipun anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa belum dicairkan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga, namun beberapa desa tetap melaksanakan tahapan pemilihan kepala desa yang hari ini sudah masuk tahapan penentuan nomor urut.

Beberapa kecamatan yang tetap melaksanakan tahapan pilkades salah satunya adalah Kecamatan Lingga Utara, Singkep Barat dan Singkep Selatan. Sementara kecamatan lainnya masih menunggu kepastian anggaran dari pemerintah meskipun tahapan penentuan nomor urut tinggal satu hari lagi.

"Kita tetap lakukan penetapan nomor urut, dengan anggaran yang ada dan bekerjasama dengan BPD, dan untuk Desa Marok Kecil merupakan desa pertama di Kecamatan Singkep Selatan. Kalau menunggu anggaran dari pemkab, kita khawatir akan molor," kata Aula, salah satu ketua panitia Pilkades Kecamatan Singkep Selatan, Rabu (27/5/2015).

Sementara itu beberapa desa lainnya di Lingga juga telah melakukan tahapan seleksi tes akademik dan dari data yang sudah masuk ke Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga ada hampir 300 ratusan bakal calon kepala desa yang akan bertarung pada pilkades serentak pada 25 juni 2015 mendatang. Sementara itu anggaran pilkades bagian pemerintahan mengatakan akan mencairkannya dalam waktu dekat sebelum pelaksanaan pilkades.

"Sekarang sudah ada hampir tiga ratusan calon yang akan ikut pilkades, dan kita belum dapat data detilnya, tapi kalau untuk anggaran mudah-mudahan dalam waktu dekat ini. Jadi kita minta panitia bersabar dan menggunakan anggaran seadanya untuk menjalani tahapan, sebelum pemilihan," kata Kuncoro, salah satu staf di Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Lingga.

Pemilihan calon Kepala desa secara serentak akan digelar pada tanggal 25 Juni 2015. Satu desa hanya boleh mencalonkan paling banyak lima orang di setiap desa, dan jika lebih akan diadakan tes akademik bagi calon kepala desa sesuai Peraturan Bupati Lingga. Adapun desa yang akan menggelar pilkades tahun ini sebanyak 60 desa. 

Editor: Dodo