Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Honda Luncurkan Mobil Hidrogen Tahun Depan
Oleh : Redaksi
Selasa | 26-05-2015 | 11:55 WIB
honda-FCV-Concept-640x420_c.jpg Honda-Batam
Honda FCV Concept. (Foto: dapurpacu,com)

BATAMTODAY.COM - Debut Honda FCV Concept di Detroit Auto Show awal tahun 2015 akan segera masuk jalur produksi. Tahun depan, mobil hidrogen ini bahkan sudah mulai dipasarkan di Jepang, baru kemudian diproduksi untuk global pada 2020.

Jeda yang tidak sebentar antara Jepang dan pasar global karena saat ini mobil hidrogen belum bisa diterima pasar. Thomas Brachman, Head of Powertrain Development Honda mengatakan, butuh setidaknya 15-20 tahun agar teknologi ini mulai diperhitungkan secara global.

Saat ini baru Jepang dan Amerika Serikat (AS) yang diketahui memiliki stasiun pengisian bahan bakar hidrogen. Dana besar untuk memulai kesiapan infrastruktur diklaim juga berdampak pada kecepatan suatu negara dalam menyerap teknologi tersebut.

Untuk tahap awal, Honda akan memproduksi antara 250-1.000 unit FCV per tahun. Baru kemudian ditingkatkan sesuai permintaan. Angka ini sesuai dengan jumlah yang mampu dibangun Toyota untuk memproduksi Mirai dari pabrik Motomachi di Toyota City.

Sama seperti Toyota Mirai, Honda FCV Concept sejatinya merupakan mobil hybrid yang menganut sistem paralel seri. Secara sederhana, bahan bakar hidrogen digunakan untuk menghasilkan elektron listrik. Daya tersebut disimpan ke dalam baterai dan digunakan motor listrik untuk menggerakkan mobil.

Tidak seperti mobil listrik murni yang butuh 3-7 jam untuk mengisi baterai, mobil hidrogen dapat diisi ulang dalam waktu 3 menit. Estimasi ini sama seperti ketika isi bensin di mobil biasa. Jarak tempuh yang dihasilkan juga mengesankan, pabrikan mengklaim satu tangki dapat berpergian sejauh 482 km.

Sumber: dapurpacu.com